Berlatih News Anchor di kampus Unisba

Peserta sedang melakukan simulasi menjadi news anchor bersama Arief Suditomo di aula Unisba, rabu (19/02). Ia menjelaskan dan mempraktekan cara menjadi news anchor yang baik kepada siswa SMA dan mahasiswa yang hadir. 

Suaramahasiswa.info, Unisba – Universitas Islam Bandung bekerjasama dengan Unisba TV mengadakan kegiatan yang bertajuk “Pelatihan News Anchor untuk SMA dan SMK bersama Arief Suditomo” di aula utama Unisba pada Rabu (19/2). Materi yang dijelaskan oleh Editor in Chief RCTI membuat peserta terlihat antusias, karena selain teori juga ada simulasi langsung menjadi News Anchor. Selain pelatihan yang dilakukan pada hari ini , Unisba berencana akan mengadakan pelatihan lain seperti penulisan, photographi, dan penggunaan internet di berbagai daerah di sekitar Bandung.

Oji Kurniadi selaku ketua pelaksana memaparkan event ini bertujuan untuk memperkenalkan Unisba, khususnya Fakultas Ilmu Komunikasi kepada siswa SMK dan SMA. Akan tetapi kegiatan siang itu tampak didominasi oleh mahasiswa. ”Target peserta kegiatan ini adalah untuk SMA dan SMK se-Bandung raya, namun beberapa sekolah berhalangan hadir,” tambahnya.

Dengan adanya pelatihan ini, peserta bisa menambah wawasan dan dapat melatih berbicara di depan umum. Materi yang disuguhkan bukan hanya pelatihan News Anchor saja, tetapi ada penjelasan yang berkaitan dengan industri media. Komentar baik muncul dari dari salah satu siswi yang hadir saat itu, karena ada manfaat yang bisa diambil. “Acara ini bermanfaat, khususnya untuk saya, karena kebetulan saya sekolah di jurusan broadcast,” ucap Novia Cindelaras peserta yang berasal dari SMKN 1 Cimahi.

Arief pun memberi apresiasi kepada peserta yang aktif dan fokus selama acara berlangsung. Ia berharap, dengan adanya kegiatan ini Unisba bisa membuka diri pada universitas lain juga sekolah menengah untuk bisa menghadirkan pembicara dengan pengalamanya yang bisa dibagi bersama . “Ini adalah penghubung antara dunia akademik juga industri, perlu ada jembatan untuk itu, dan pertemuan-pertemuan seperti inilah salah satu cara,” tutupnya. (Insan Fazrul/SM)