Uang PPMB FH Tersisa, Panitia Dapat Bagian

Beberapa mahasiswa duduk di Fakultas Hukum Unisba Jl. Ranggagading No. 8 Tamansari Bandung, Rabu (25/01/2017). Program Pembinaan Mahasiswa Baru (PPMB) FH 2016 menyisakan uang sebesar Rp.13.000.000,00. Sebagian uang tersebut dibagikan ke panitia.

Suaramahasiswa.info, Unisba – Program Pembinaan Mahasiswa Baru (PPMB) Fakultas Hukum 2016 menyisakan uang sebesar Rp 13.000.000. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Seksi (Kasie) Keuangan Fakultas Hukum, Yuliani Tresnawan saat ditemui di ruangannya Fakultas Hukum pada Selasa (24/01). Uang tersebut berasal dari mahasiswa baru 2016 yang membayar pendaftaran PPMB sebesar Rp 300.000 perorang. Pihak Fakultas Hukum pun memberikan sebagian sisa uang kegiatan PPMB kepada panitia.

Yuli memaparkan sebagian sisa uang dari acara PPMB. ”Dipakai untuk sewa blower saat pelaksanaan PPMB di Student Center (SC) sebesar Rp 7.800.000. Maka dari itu ada uang sisa sebesar Rp 5.200.000 yang diberikan kepada panitia PPMB,” tuturnya.

Kepala Bagian Kemahasiswaan Fakultas Hukum, Eka Juarsa menjelaskan, kebijakan sebenarnya dibuat oleh Wakil Dekan satu Fakultas Hukum. Ia hanya sebagai pelaksana dari kebijakan tersebut. “Itu uang transportasi untuk panitia. Kasihan lihat panitia PPMB sudah bersusah payah melaksanakan kegiatan itu dan harus merancang acara tersebut,” jelasnya saat ditemui di Fakultas Hukum.

Hal ini pun dibenarkan oleh Ketua PPMB Hukum 2016, Kartika Putri Amalia bahwa ada uang insentif yang diberikan oleh fakultas. ”Semacam rasa terima kasih fakultas buat panitia yang udah capek mengurus PPMB,” ujarnya.

Eka pun menjelaskan bahwa uang pendaftaran PPMB dari mahasiswa dimanfaatkan sebaik mungkin, jangan sampai uang banyak digunakan untuk inagurasi. ”Saya lihat dari tahun ke tahun bahwa inagurasi itu tidak ada manfaatnya hanya hura-hura saja. Sisa uang yang 6,5 juta tadinya kita mau buat Latihan Dasar Kepemimpinan (LDKM)  tetapi BEM Hukum tidak melaksanakan, jadi kita bagikan kepada panitia,” terangnya.

Eko Satria, Panitia PPMB Hukum 2016 pun menjelaskan bahwa ia telah menerima uang tersebut setelah ada pengumuman melalui grup panitia. ”Saya telah menerima uangnya dua minggu yang lalu dalam bentuk cash nominalnya sebesar Rp 200.000,” ungkap mahasiswa angkatan 2015 itu.

Ketua Angkatan Hukum 2016, Tresnaldi Kusmawan menyayangkan hal tersebut. Ia merasa, uang tersebut merupakan hak mahasiswa baru angkatan 2016.” Saya menyesalkan keputusan pak wakil dekan satu yang sama sekali tidak ada koordinasi kepada kita tentang uang sisa PPMB yang dibagikan kepada panitia itu,” ujarnya. (Puteri Redha/Job)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *