[TIPS] No Hard Feeling

Karena berbuat baik itu harus, apalagi bagi sesama.

“Terus, kita ini apa sih?” Tanya seorang perempuan di sebelah saya.
“Kita? Ya gini aja.. temen biasa..” jawab laki-laki di hadapannya, sambil tersenyum sederhana.
“Apa? Kamu tau? Aku selama ini udah ngarep lebih sama kamu. Kita udah bareng-bareng kemanapun, kamu ada setiap aku sedih, aku seneng. Begitupula aku, selalu nemenin kamu dan ternyata kamu cuma anggap aku temen biasa?” nada bicara perempuan itu mulai meninggi.
“Iya…”
Lalu meletuslah perang dunia ke-3.

Jangan kaget jika kita dihadapkan pada situasi seperti ini. Bertemu dengan sosok baik hati, yang sebenernya sih baik sama semua orang, tapi kita merasa istimewa bila ada di dekatnya. Intinya, semua perasaan, persepsi, dan dugaan kita ini akan bermuara pada satu kata yakni kegeeran.
Enak gak enak sih, saat kita berada pada posisi seperti ini. Enaknya? Akan ada sosok yang menemani kita disaat susah maupun senang, yang bisa dibilang sahabat, tapi sebenarnya ada perasaan lebih disitu. Gak enaknya? Ya coba kamu bayangin, kalau orang yang udah bikin kita geer ini ternyata gak ada rasa sama sekali ke kita.. hehehehehe. Patah hati iya, malu iya, dan pastinya butuh banget waktu dan proses untuk ngembaliin semua keadaan jadi seperti semula, yang paling gak enak nih, kita seolah dibawa pada situasi gak jelas dan ehm, maaf kata, tanpa tujuan.
Dalam tulisan ini, penulis mau coba ngasih tips dan trik (sambil santai sebelum belajar buat UTS) supaya kita gak terjebak dalam situasi kaya gini…

1. Peka dan Beri Batasan
Ketika kita memulai suatu relasi, kita memang harus berbuat baik. Tapi, kita juga harus memberi batasan sama diri kita sendiri, terutama pada orang-orang yang kita rasa punya suatu perasaan lebih ke kita. Kita kan gak mau dong nyakitin perasaan orang, apalagi sampai dikatain tukang memberi harkos (harapan kosong). Atau, kalau kita udah punya perasaan lebih sama orang itu, dan sekiranya dia gak punya perasaan yang sama, kita juga harus tahu diri.

2. Berpikir Positif
Percaya kan kalau berpikir positif itu baik? Jadi daripada keegeran, saat kita terjebak dalam situasi kaya gini mending mikir yang baik-baik aja. Jangan berprasangka buruk apalagi sampai punya ekspektasi lebih.

3. Bersikap Baik Juga
Kalau posisi kita lagi dibaikin nih, sama orang yang udah bikin kita geer, kita berbuat baik juga. Insya Allah, bakal dapet pahala banyak deh. Lagian, berbuat baik gak akan merugikan kita kok 

4. Skeptis
Agak aneh sih… tapi patut dicoba. Skeptis tuh berarti kita gak gampang percaya dan cenderung mempertanyakan banyak hal. “kenapa dia baik sama kita?”, “kenapa baiknya Cuma ke kita?” dan beragam pertanyaan yang lainnya. Nah, saat kita mulai berperilaku seperti ini, niscaya kita gak akan gampang terjebak dalam situasi kegeeran deeeeh.. Jadi, kita gak akan gampang sakit hati juga, selama gak ada bukti nyata yang bisa kita lihat

5. Tanyain sama doi!
Kalau kamu tipe orang yang agak frontal, atau sekeliling kamu udah membuktikan sinyal-sinyal bahwa doi suka kamu, tapi kamu gak percaya dan takut dianggap kegeeran, gak ada salahnya kok, coba aja tanyain sama doi langsung, “Sebenernya kamu itu gimana ke aku?” cieeee… tapi kita harus siap dengan semua jawaban yang bakal disampaikan, baik itu sedih ataupun seneng.

Segitu aja barangkali yang bisa disampein sama penulis. Salah-benar, kurang-lebihnya harap dimaklumi . Selamat UTS Deh, tapi tips ini jangan dihapalin yaaa.. apalagi dijadiin buat jawaban UTS. Cayo! (Faza Rahim/SM)