Rencana Meleset, SC Dipakai untuk Perkuliahan

Suasana penggabungan kelas untuk perkuliahan mata kuliah Pendidikan Agama Islam (PAI) di Gedung Student Center (SC) Jalan Tamansari No.1 pada Senin (25/9/2017). Kekurangan ruang kelas mengakibatkan pemakaian Gedung SC untuk perkuliahan, hal ini disebabkan pembangunan Tamansari No. 24 yang meleset dari dugaan.

Suaramahasiswa.info, Unisba – Kurangnya ruang kelas di Unisba berakibat digunakannya Student Center (SC) untuk perkuliahan. Antisipasi yang dilakukan ketika penerimaan mahasiswa baru tenyata meleset. Kepala Bagian Akademik, Iyan Bachtiar mengungkapkan pembangunan Tamansari No. 24 yang belum dimulai menjadi faktor.

“Tamansari 24 harusnya sudah dipakai ternyata izin membangun belum turun. Kelas malam juga tidak mendapatkan izin. Jadi, solusi yang paling ekstrim digabungkan di SC sampai minimal satu semester ini,” tutur Iyan ketika ditemui pada Senin (25/9).

Iyan menjelaskan, bagi kelas yang bersifat ceramah seperti Pendidikan Agama Islam (PAI) telah dikonsultasikan kepada Lembaga Studi Islam dan Pengembangan Kepribadian (LSIPK) agar digabungkan. Ia pun menambahkan, untuk mata kuliah PAI telah mendapat tambahan menjadi 100 menit.

Dengan permasalahan ini pun, Iyan turut mengakui kekurangan yang terjadi. Di sisi lain, ia tetap berusaha memperbaiki kekurangan yang ada. “Jadi, kita mohon maaf kepada mahasiswa juga dengan kenyamanan belajar yang terganggu,” maafnya.

Kepala Bagian Sarana Prasarana, Koko Heriadi menanggapi kurangnya kelas hingga dialihkan di SC. Adapun penambahan ruangan di Fakultas Kedokteran dan pengoptimalan di Gedung Pasca Sarjana diharapkan menjadi solusi. “Saya sebenarnya belum tahu, itu kebijakan Bagian Akademik. Untuk sekarang kita tidak bisa berbuat banyak karena itu sifatnya mendesak,” tangkas Koko.

Mahasiswi Fakultas Ilmu Komunikasi 2016, Syifa Al-Fathir turut menanggapi hal tersebut. Menurutnya, perkuliahan tidak akan kondusif bila tiga kelas digabung dalam satu ruang. Ia pun mengharapkan cara perkuliahan yang cocok. “Tidak semua dosen dapat mengajar dengan baik di kondisi ramai. Kalau tadi dosennya bagus, cuma gak semua bisa seperti itu,” ucapnya usai perkuliahan di SC. (Iqbal/SM)