Begini Pembagian Jumlah Surat Suara di Setiap TPS

Seorang pemilih memasukkan surat suara ke kotak suara di TPS Tamansari pada Senin (18/2/2019). (Shella/Job)

Suaramahasiswa.info, Unisba Pemilihan Raya (Pemira) Calon Presiden Mahasiswa (Capresma) dan Wakil Presiden Mahasiswa (Wapresma) periode 2019-2020 dimulai serentak pada Senin (18/2) di tiga lokasi berbeda, yakni kampus Tamansari, kampus Ranggagading, dan kampus Ranggamalela. Sebanyak 2200 surat suara disebar di setiap TPS dengan rincian 1200 di Tamansari, 500 di Ranggagading, dan 500 di Ranggamalela.

Ketua Badan Penyelenggara Pemilihan Umum (BPPU), Salwa Arazia menjelaskan jumlah pembagian slot surat suara di setiap lokasi disesuaikan dengan jumlah mahasiswa yang melakukan perkuliahan di lokasi tersebut.

“Jumlah surat suara juga mempengaruhi jumlah bilik suara di tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS). Di Tamansari ada tiga bilik suara, sedangkan di Ranggagading dan Ranggamalela masing-masing ada dua bilik suara,” ujar Salwa saat ditemui di kampus Unisba Ranggagading pada Senin (18/2).

Pertimbangan sebanyak 2200 surat suara, menurut Salwa hal itu berdasarkan perhitungan total jumlah mahasiswa Unisba sekarang dengan prediksi golongan putih (golput) yang dilihat dari Pemira di tahun – tahun sebelumnya.

TPS yang Dianulir

Untuk Gedung Fakultas Kedokteran, Salwa tadinya berencana akan menyediakan TPS dengan dua bilik suara serta 200 surat suara. Namun hal itu batal karena menemui permasalahan izin tempat. Ia pun mengalihkan TPS di sana ke Tamansari.

Berselang beberapa waktu dari pembatalan itu, akun Line DAM FK mengkonfirmasi TPS di Gedung Fakultas Kedokteran akan dibuka pada Selasa sampai Rabu (19-20/2).

Tidak ada Target Pemilih

Meski diterapkan slot surat suara di setiap TPS, BPPU tidak menetapkan target pemilih pada setiap hari pencoblosan. “Kalau slot surat suara hari ini habis sebelum penutupan pemilihan pada pukul 16.00 WIB, bakal kita tambah lagi slot surat suaranya. Namun harus diinfokan dulu ke kedua pasang calon dan tim pemenangannya agar tidak terjadi miskomunikasi.”

Menurut mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan 2018, Sinsin Ummu Jahieda dia baru mengetahui kalau jumlah surat suara di tiap lokasi TPS yaitu kampus Tamansari, Ranggading dan Ranggamalela itu berbeda. “Kirain aku sih dihitung sesuai jumlah mahasiswa di tiap kampusnya.”

Reporter: Verticallya Yuri

Penulis: Verticallya Yuri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *