Pembayaran UKT Resmi Diperpanjang

Suaramahasiswa.info, Unisba – Pembayaran UKT diselenggarakan pihak Universitas di gedung Student Centre, mulai tanggal 16 – 27 Desember 2013. Setelah ramai diperbincangkan lewat media sosial twitter, akhirnya Universitas mengeluarkan keputusan perpanjangan pembayaran UKT. Hal tersebut diklarifikasi dari akun twitter milik Humas Unisba M.E. Fuady  “Info UKT : Pembayaran UKT Semester Genap 2013/2014 diperpanjang s.d 23 Januari 2014. Trims,” kutip M.E. Fuady dalam akun twitternya.

Sebelumnya presma terpilih tahun 2013-2014 Nuran Fiqolbi memprediksi pembayaran UKT tahun ini akan diperpanjang. Menilik hal serupa yang selalu terjadi sama tahun ke tahun, ia berpikir harus adanya institusi khusus yang meregulasi persolan ini. “Dari tahun ke tahun memang seperti ini, saya berfikir memang harus ada institusi yang meregulasi persoalan ini, menanggapi UKT yang hari ini, saya yakin ini pasti di undur,” ungkapnya memprediksi.

Pihak Universitas yang mengeluarkan kebijakan ini dianggap mempermainkan ritme keadaan. Mahasiswa cepat-cepat membayar UKT sebelum semester sebelumnya selesai, dilakukan agar tidak terjadi persoalan ketika hendak perwalian. Transkrip pembayaran UKT pun sempat akan dijadikan syarat pengambilan kartu UAS. Hal tersebut dianggap tidak etis karena tidak berhubungan.

“Ini ada permainan ritme disini, agar mahasiswa cepat membayar sehingga ketika masuk semester baru itu tidak jadi persoalan, pola nya dibuat sebagai syarat UAS, transkrip UKT itu syarat untuk ngambil kartu UAS, kita harus punya transkrip pembayaran UKT, kalau mau kan transkrip SKS bukan UKT,” kritik Nuran yang juga mengkritisi kebijakan . (Adil Nursalam/SM)