Menjadi Jurnalis Itu Enak

 


Unisba, SM – Keluarga Mahasiswa Jurnalistik (KMJ) Unisba, bekerjasama dengan Harian Seputar Indonesia (Sindo) Jabar, mengadakan Talkshow tentang kejurnalistikan. Pembicaranya didominasi oleh awak dari Harian Sindo sendiri, yakni Djaka Susila selaku Redaktur Pelaksana, Rudini sebagai Kepala Redaksi, dan Hanna Farhana sebagai Wakil Redaktur Pelaksana. Dengan tajuk “Enaknya Jadi Jurnalis”, acara yang bertempat di Aula Unisba, Rabu (24/4), digelar.

Masing-masing pembicara memiliki materi yang berbeda. Dibuka oleh Djaka Susila yang membahas mengenai kebebasan dan profesionalitas wartawan, lalu Rudini membahas seputar wartawan yang bukan sekedar pewarta, dan juga Hanna Farhana menuturkan betapa enaknya menjadi wartawan. Sembari menuturkan, tiap pemateri juga membagi pengalamannya ketika meliput. Contohnya ketika Hanna yang menjelaskan sembari menampilkan foto-fotonya ketika meliput pertandingan sepak bola di luar negeri, dan merekam momen bersama pemain sepak bola terkenal.

Talkshow ini, selain spesial menyajikan tentang keunggulan menjadi jurnalis, juga menyajikan coaching clinic yaitu membuat karikatur dan fotografi. “Disamping tugas, saya juga disini tertarik dan ingin mendalami seputar jurnalis, meskipun passion saya bukan di bidang ini” tutur Danang, mahasiswa Fikom 2012 yang datang ke acara sebagai pengganti perkuliahan. Tamarisky Setiawan Putra, ketua pelaksana, berujar bahwa acara ini bertujuan untuk memberi informasi pada khalayak umum khususnya mahasiswa Fikom 2012, yang mayoritas menilai bahwa jurnalis itu profesi yang lebih banyak melelahkannya dan terkesan tak jelas. Dan untuk kedepannya, mahasiswa Fikom-Jurnalistik 2011 ini berharap agar minat mahasiswa untuk mempelajari ilmu jurnalistik semakin tinggi, dan agar mahasiswa jurnalistik sendiri tetap fight untuk berada pada jalurnya. (Bobby/SM)