BEM Fakultas Belum Miliki Bakal Calon Presma

Suaramahasiswa.info, Unisba – Molornya pengadaan pemilihan umum untuk Presma dan Wapresma Unisba saat ini telah menjadi sorotan tiap organisasi dalam kampus. Dari surat edaran yang disebarkan oleh DAMU kepada tiap Organisasi Internal Unisba, Senin (18/11) tertera batas akhir pendaftaran bakal calon Presma dan Wapresma pada 30 November 2013 ini.  Beberapa BEM, DAM, dan himpunan mahasiswa pada nyatanya sadar betul akan masalah ini dan meminta untuk segera diselenggarakannya Pemilu.

Salah satu BEM fakultas yang mengaku untuk sesegera mungkin dilakukannya pemilu adalah BEMF Psikologi. Kendati menegaskan untuk sesegera mungkin diadakan pemilu, Teraselta Widyatama selaku ketua, mengakui bahwa organisasinya pun belum memiliki bakal calon untuk Presma dan Wapresma.

“Sejauh ini kami belum memiliki calon untuk menjadi Presma, Kami juga sudah me-share surat edaran DAMU tentang open recruitment, namun sampai saat ini belum ada laporan ada yang ingin mengikutinya. Ya kami ingin pemilihan segera dilakukan karena bila makin mundur akan tidak efektif untuk kegiatan kedepannya,” ujar mahasiswa Psikologi 2010 ini.

Hampir serupa, BEM fakultas Syariah pun mengaku belum mimiliki bakal calon karena tersandung masalah persyaratan angkatan yang ditentukan. Pasalnya seluruh pengurus dalam organisasi ini merupakan angkatan 2012. Ketika ditanya adakah dari masyarakat syariah lainnya, mereka mengaku telah memiliki calon untuk menjadi Presma namun masih belum ada upaya untuk pencalonan.

“Perihal kader untuk presma sih ada, tapi kita belum mencalonkannya. Dari hasil LDKM yang sebelumnya kita adakan, sebenarnya ada mahasiswa yang kompeten untuk menjadi Presma namun masih merasa minder untuk menjadi Presma,” Ungkap Nadia Triana selaku departemen kaderisasi BEM fakultas Syariah.

Andrian Firnanda Humas BEM fakultas Syariah mengaku BEMU dan DAMU dirasa kurang merangkul teman-teman BEMF. Mahasiswa Syariah 2012 ini berharap agar nantinya BEMU dan DAMU bisa lebih merangkul setiap BEMF di Unisba. “Ya semoga Presma dan Wapresma yang akan datang mampu merangkul teman-teman BEMF lain,” harap Andrian.

Rencananya pemilihan Presma dan Wapresma akan di adakan  9-10 Desember 2013 mendatang dan dilanjutkan dengan kongres 14-15 Desember 2013. Namun bila nyatanya tidak ada yang mengajukan diri Annis Irawan akan mengajukan pembekuan BEMU dan DAMU. “Jika tidak ada yang mendaftar, mungkin saya akan mengusulkan kepada rektorat untuk membekukan DAMU dan BEMU dalam satu periode kedepan, namun tidak menutup kemungkinan untuk menempuh jalan aklamasi,” ucap ketua sementara DAMU. (M. Roby Iskandar/SM)