Sempat Terkena Hack, Web Unisba Kini Kembali Normal

Purnama salah satu staf Information and Technology (IT) Puslahta sedang bekerja saat tim suara mahasiswa temui pada (17/03) di gedung pasca sarjana Unisba. Web Unisba yang kemarin malam terhack, hari ini sudah kembali normal.

Suaramahasiswa.info, Unisba– Sejak kemarin malam Univeritas Islam Bandung di hebohkan dengan peng hack-an webnya. Hal ini diketahui dari laporan salah satu mahasiswa kepada pihak Bemu pukul 22.10 WIB. Akan tetapi tidak berlangsung lama, karena pada kamis (17/03) permasalahan tersebut telah di atasi oleh staf Information and Technology (IT) Unisba.

Purnama, salah satu staf IT Unisba menjelaskan hack yang di lakukan terhadap web Unisba ini hanya sejauh device saja dengan penggantian logo Unisba dan sejumlah gambar lainnya. Hacker ini bisa membobol web Unisba melalui port web 80, yang memang semua web memiliki potensi yang sama.Ia menambahkan logo Unisba yang diganti dengan gambar yang berbentuk salib itu di duga dilakukan karena iseng saja. Menurutnya Orang yang melakukan ini hanya orang orang yang baru melek IT. “Port 80 yang diduga menjadi portal masuk hacker ini tidak bisa di tutup karena jika port ini di tutup webnya tidak bisa dibuka,” ujarnya.

Meskipun penyelesaian masalah webnya bisa cepat diselesaikan namun pelaku hack dan motifnya baru bisa ditemukan paling cepat besok. Ia juga menjelaskan yang perlu kita ketahui hanya motifnya dalam melakukan hack ini penyerangan atau memang iseng. Web Unisba yang di gunakan saat ini menggunakan enggine jumla yang berbentuk open source dimana semua orang bebas menggunakan. “Kalau untuk mengganti enggine ini prosesnya sangat lama, yang pasti kita akan menambah beberapa keamanan dalam web lagi,” ujar staf IT Unisba tersebut saat ditemui tim Suara Mahasiswa di gedung pasca sarjana.

Nanang Kabag Kemahasiswaan menyatakan belum tahu secara knonologis apa yang terjadi . Ia menjelaskan secanggih apapun teknologi yang kita miliki kemungkinan di hack selalu ada saja, menurutnya kita harus lebih berhati-hati lagi saja. “ Sejauh ini saya tidak terlalu khawatir dengan kejadian ini, tapi karena webnya bisa sampai di hack berarti keamanannya kurang dan harus diperbaiki,” tungkasnya.

Alvin Nukman selaku Menteri Kominfo Bem Unisba menceritkan bahwa kejadian ini diketahui dari laporan salah satu mahasiswa Unisba dan langsung di laporkan pada Humas Unisba. Ia juga menceritakan saat itu sempat membuka web chat hackernya, ia bercerita bahwa hacker yang bernama anonim plus ini hanya berniat mengingatkan karena security web unisba itu lemah. “Kita sedikit kecewa dengan keamanan web Unisba ini dan berharap kedepannya ada banyak perbaikan,” ujarnya saat kami temui di ruang BEM-U. (Ressy/SM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *