Suara Mahasiswa

Nakal, Tajam, Menggelitik

Berita Harian

Nuansa Romantis di Malam Arthuration 2014

Spread the love

Perfomance dari Float menutup gelaran Arthuration, Jumat (7/11). Acara yang di selengarakan di Lahan Arbotherum Unpad Jatinangor ini berlangsung meriah dengan video maaping yang diprakarsai oleh mahasiswa Telkom University. (Wildan A./SM)

Suaramahasiswa.info, Jatinangor – Suasana  romantis sangat terasa ketika memasuki wilayah Universitas Padjajaran (Unpad) Jatinangor, tepatnya di Lahan Arborethum samping danau. Rintikan air hujan yang masih terasa di atas kepala dan suasana gelap bercahaya lilin menambah kental nuansa romantis disana. Mahasiswa Fakultas Pertanian Unpad menyelenggarakan acara Arturation 2014 pada hari Jum’at (7/11). Event tersebut rutin dilaksanakan setiap dua tahun sekali.

Faisal Chaerul Umam mengungkapkan tema yang diangkat dalam acara ini adalah “pertanian modern”, dimana disini akan menunjukan bahwa pertanian tradisional itu sudah sulit dilakukan. Selain itu juga akan memberikan pengarahan bagaimana bertani dengan cara modern.  “Saat ini lahan yang ada di Indonesia sudah sempit, sehingga sulit untuk bertani dengan cara tradisional. Kebutuhan dan jumlah penduduk semakin bertambah, oleh karena itu kita dituntut untuk bertani secara modern,” ucap ketua pelaksana acara Arthuration tersebut.

Event ini memiliki konsep back to nature, para pengunjung di sediakan tempat di alam terbuka agar dapat merasakan nuansa alam yang sesungguhnya. Tempat yang disediakan pun memang sengaja dipilih di Lahan Arborethum, karena cocok dengan dunia pertanian. Faisal menjelaskan bahwa dunia pertanian itu memang di lapangan, namun justru dengan itu para pengunjung akan lebih santai dan menikmati  indahnya alam.

Dalam acara ini para panitia melakukan social art yang ditujukan untuk membantu petani kecil di Desa Ciburial, Dago. Selain itu juga mereka berkolaborasi dengan komunitas yang peduli pertanian dan lingkungan urban. Para pengunjung yang hadir pun akan disuguhkan dengan lantunan musik dari beberapa artis lokal. Float hadir sebagai guest star di acara ini, selain itu ada Kaitzr, Nasadira, Serayu Jingga dan Povo yang akan menghibur pengunjung.

Arthuration merupakan sebuah acara yang ditujukan untuk para generasi muda agar menyadari bahwa dunia pertanian itu harus diperhatikan. Selain itu dalam acara ini juga biaya dari pengunjung yang hadir 100% akan di donasikan pada petani yang terkumpul dalam komunitas agritektur. “komunitas ini memiliki beberapa program, diantaranya program petani modern, oleh karena itu kami bekerjasama dengan argitektur,” ungkap  Faisal

Semakin larut para pengunjung semakin ramai memenuhi Lahan Arborethum, mereka begitu antusias dengan hiburan musik dari para musisi lokal. Menjelang tengah malam video mapping dan penampilan dari Float disuguhkan kepada para pengunjung. Husni Ahmad Haikal, mahasiswa Fakultas Sastra dan Budaya Unpad mengungkapkan bahwa acara ini sangat mendidik. Selain itu juga menghibur karena dapat menghadirkan musisi yang tidak biasa. “Keren banget acaranya, meskipun tadi agak ngaret tapi ga nyesel datang kesini. Meskipun balelok tapi ga apa-apa soalnya puas banget liat musisi yang dihadirkan, apalagi Float itu band favorit saya” tuturnya.

Faisal berharap setelah terselenggarakannya acara ini, kesejahteraan para petani bisa sedikit terbantu. Selain itu juga para penonton dapat terhibur dan dapat menerima edukasi yang diberikan. “harapannya agar para penonton dapat terhibur dengan apa yang kami suguhkan, juga dapat mengambil pelajaran dari sini,” tutup mahasiswa Fakultas Pertanian 2011 itu. (Khalida S./SM)