Suara Mahasiswa

Nakal, Tajam, Menggelitik

ALL POST Berita Harian Berita Kampus

Kualitas Kegiatan Mahasiswa Unisba Tercatat Nol di Dikti

Dokumentasi SM

Suaramahasiswa.info, Unisba – Lembaga Pendidikan Tinggi (Dikti) mencatat klasifikasi dan pemeringkatan perguruan tinggi Universitas Islam Bandung (Unisba) di urutan 32 se-Indonesia. Namun, dalam kualitas kegiatan mahasiswanya, hanya memiliki 0,0 persen. Ketua Bagian Kemahasiswaan Unisba, Nanang A Firdausi pada Kamis (23/03) menjelaskan jika tidak semua kejuaran lokal maupun luar yang diikuti Unisba terdaftar di Dikti. Ia mengatakan Indikator yang terdaftar hanya Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM), Olimpiade Nasional (ON MIPA) dan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres).

Menurut Nanang, Unisba selalu mengikutsertakan mahasiswanya dalam kejuaraan yang menjadi indikator penilaian Dikti. Namun dalam kompetisinya, Unisba tidak pernah menang di tingkat nasional hingga tidak menjadi nilai di Dikti. Selain itu, Dikti belum membuka indikator penilaian diluar PKM, ON MIPA dan Mawapres. “Kemarin kita ikutnya kejuaraan Taekwondo di bali. Itu kompetisi ASEAN, kita  masukin nya kemana? Sementara isian formulir belum bisa masukin itu,” tutur Nanang saat ditemui di ruang Kemahasiswaan.

Ia menambahkan, Kemahasiswaan kini tengah menjalankan program pembinaan dalam meningkatkan kualitas kegiatan mahasiswa. Menurutnya pembinaan ini telah diberitahukan pada setiap fakultas agar disosialisasikan pada mahasiswa. “Hal ini sudah dilakukan saat ON MIPA, program Bahasa Inggris kemahasiswaan sudah kerja sama dengan Laboratorium Bahasa. Untuk PKM kita juga sudah mengobrol dengan Wakil Dekan I di tiap fakultas, universitas pun adakan kejuaraannnya. Kita membina gimana caranya harus lolos ke tingkat pusat, tidak hanya di tingkat kopertis,” tungkas Nanang.

Muhram Fauzi mahasiswa Fakultas Syariah 2012 menanggapi, menurutnya Unisba sebenarnya memiliki banyak kegiatan mahasiswa. Disayangkan Muhram, dana untuk kegiatan ini sedikit, sedangkan yang bertanggung jawab dalam merangsang dan meningkatkan kualitas ini ialah universitas. “Harus ada sistem simbiosis. Universitas membutukan mahasiswa untuk akreditasi dan mahasiswa membutuhkan wadah untuk mengembangkan bakatnya,” ucap Presiden Mahasiswa Unisba periode 2016-2017. (Iqbal/SM)

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *