Berkarya Ala Pidi Baiq dan Iyang P. Project

Suasana bincang-bincang para peserta dengan Pidi Baiq dan Iyang P. Project dalam rangkaian acara ‘Ngadu Bako’ Festival Media yang bertempat di Aula Utama Unisba, Selasa (27/9). Jadi yang bikin susah itu karena dirimu sendiri. Jadi, jangan terlalu ingin dipuji.

Suaramahasiswa.info, Unisba – “Takan jaya karna puja, tak akan mati karena caci” itulah sepenggal kalimat yang diungkapkan Pidi Baiq, di Aula Unisba pada Selasa (27/9).  Ungkapan itu pun disusul sorakan ramai dari sejumlah mahasiswa yang saat itu hadir di acara Ngadu Bako. Tak hanya Pidi Baiq, Iyang Darmawan yang merupakan anggota dari P.Project pun ikut menjadi perhatian saat itu.

Pidi Baiq dan Iyang merupakan orang yang cukup familiar di masyarakat Indonesia. Banyak karya dari keduanya yang sudah tak diragukan lagi. Karya adalah sesuatu yang nyata, itu yang Iyang katakan. Dalam sebuah karya pun memerlukan kreativitas, dan menurut Iyang  itu sederhana.

“Semua orang bisa berkarya. Apalagi sekarang kan sudah semakin mudah segalanya. Tapi belum banyak yang berani berkarya, apalagi anak-anak muda,” ujar Iyang yang pernah menjadi pemain Get Married The Series itu.

Senada dengan Iyang, Pidi Baiq pun mengatakan bahwa untuk berkarya kita harus percaya diri. Pria yang baru mengeluarkan buku terbarunya yang berjudul ‘Milea’ itu, mengatakan faktor utama tidak percaya diri itu karena manusia yang selalu ingin dipuji. “Jadi yang bikin susah itu ya karena dirimu sendiri. Jadi, jangan terlalu ingin dipuji. Cukup kerjakan yang kita bisa, total dan berdedikasi,” tuturnya.

Obrolan antara Pidi Baiq dan Iyang Darmawan pun berlangsung cukup lama. Ada beberapa poin yang cukup menarik untuk diingat dari kedua orang ini.

  1. Kreativitas itu sederhana, hanya bagaimana kamu bisa mengembangkannya.
  2. Menulis itu gimana kamu, semua orang bisa melakukannya. Tidak ada ukuran menjadi seorang penulis yang baik.
  3. Untuk mendapatkan ide yang briliant, harus ada nyawa. Ketika kamu diam, itu bisa jadi ide karena ide itu ada dimana-mana.
  4. Harus lebih banyak berpikir positif, jangan terlalu takut untuk maju. Biasanya yang enggak percaya diri itu karena takut karyanya dibilang jelek.
  5. Musibah adalah akibat dari perbuatanmu sendiri.

Jadi untuk berkarya tidak sulit bukan? Asalkan kita mau dan punya tekad yang kuat. Selamat berkarya! (Intan S.Dewi/SM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *