Ragam Kegiatan yang Dapat Didatangi Kala Pandemi

Illustrasi Orang yang Sedang Menyaksikan Event Virtual. (Fahriza Wiratama/SM)

Suaramahasiswa.info, Unisba – Sejak Covid-19 menyerang Indonesia pada Maret 2020, segala aktivitas terpaksa harus dibatasi, produktivitas yang biasa dilakukan diluar rumah pun tak bisa lagi dijalani. Hal ini menyebabkan segala aktivitas dialihkan ke rumah atau Work From Home (WFH). Namun, siapa sangka pandemi ini malah membuat sebagian orang menjadi lebih produktif dalam menjalankan aktifitas nya.

Seperti para pelaku hiburan dan event organizer yang biasa melakukan kegiatan diluar rumah pun beradaptasi dengan memunculkan beragam kegiatan online yang kini menjadi cara baru untuk menghibur masyarakat di tengah pandemi. Mari kita flashback sebentar, sebetulnya, event online bukanlah sesuatu yang baru, tapi untuk perkembangan-nya, event online jelas berkembang pesat dikala masa pandemi ini.

Asyiknya lagi, kebanyakan kegiatan online ini bisa diakses secara gratis, tapi ada beberapa yang dipungut biaya namun tentu sebanding dengan ilmu atau hiburan yang kita dapatkan. Lalu apa aja sih event virtual yang bisa kita datangi selama ‘dirumah aja’ ini? Kita cek yuk!

Konser Musik

Buat kamu yang suka banget musik, pasti merasa jenuh karena enggak ada konser musik yang biasa dihadiri kan? Eits, jangan salah, selama masa pandemi konser musik tetap ada, tapi secara virtual, ya.

Sejak awal pandemi, konser dari rumah ini ramai dibuat oleh para musisi untuk menghibur masyarakat yang sedang menjalani WFH. Masyarakat pun dapat dengan mudah mengikuti lewat platform live streaming dan tetap memberikan respon lewat bar komentar sehingga dapat dibaca oleh musisi tersebut. Contohnya penyanyi Danilla, ia membuat Konser: “Memantau Danilla Latihan.” lewat kanal youtube nya.  Tentu konser ini bukan konser musik biasa, Danilla melakukan live streaming serangkaian latihan, persiapan, sampai mini konser dalam satu event online, seru banget kan?

Workshop

Pada dasarnya workshop bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan informasi baru pada masyarakat. Selain memberikan ilmu, workshop pun menjadi sarana untuk sharing atau bertukar pendapat dan pandangan mengenai suatu topik yang saat itu sedang kita bahas. Tak hanya memberikan itu saja, event ini selalu memberi cenderamata berupa sertifikat yang kelak bisa kita gunakan untuk portofolio atau curriculum vitae.

Contoh workshop yang bisa kamu ikuti adalah workshop jurnalistik, kewirausahaan, dan digital marketing. Selain itu, ada banyak sekali workshop yang disediakan secara umum dan gratis, lho.

Webinar

Web seminar (Webinar) yaitu seminar yang dilakukan melalui situs web atau aplikasi berbasis internet. Teknik seminar ini memungkinkan pembicara memaparkan dan membagikan materi melalui media elektronik secara online.  Untuk mengikuti acara ini, peserta hanya perlu mendaftar saja ke event tersebut, untuk mendapatkan akses berdasarkan jadwal yang disepakati. Varian webinar pun bermacam-macam, ada yang bersifat nasional atau internasional.

Contoh webinar yang bisa kamu ikuti di masa pandemi ini adalah, “New normal sebagai dampak Covid-19” yang diadakan oleh Prodi Komunikasi Universitas Muhamadiyyah Malang (UMM), “Kupas Tuntas branding Bisnis” yang dilakukan oleh NiagaHoster Blog dan lain sebagainya, so, sesuaikan saja dengan minat kamu ya, sobat kampus!

Event Sosial

Banyak cara bisa dilakukan untuk beramal di masa pandemi ini, salah satunya dengan bikin event sosial. Di event ini, berbagai kelompok atau organisasi melakukan penggalangan dana dengan cara melakukan pendaftaran melalui situs yang tertera dan mendaftar dengan email. Tentunya lewat event ini kamu bisa menjadi penggerak atau menyumbangkan sebagian dana dan menyaksikan langsung sumbangan yang kamu berikan akan disalurkan kepada siapa.

Contohnya adalah platform Kitabisa.com, platform ini juga aktif dalam kegiatan penggalangan dana seperti, membantu korban bencana alam, bantuan medis dan kegiatan kemanusiaan lainnya.

Jadi, pandemi ini bukan halangan bagi kita untuk tidak produktif dan terus larut dengan rasa bosan sebab lembaga, organisasi dan event organizer tetap konsisten memberikan hiburan dan pengetahuan untuk kita. Selain itu, hal ini pun bisa menjadi jalan awal untuk memulai kegiatan baru dikala WFH. Jadi, event virtual apa nih yang akan kalian ikuti?

Penulis: Sintia Putri Andani

Editor: Tazkiya Fadhiilah Khoirunnisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *