Suara Mahasiswa

Nakal, Tajam, Menggelitik

Artikel

Beberapa Wejangan Sebelum Ikut Organisasi Mahasiswa

Illustrasi Mahasiswa Kebingungan Memilih Ormawa yang Diminati. (Fahriza Wiratama/SM)

suaramahasiswa.info, Unisba – Bangun tidur, mandi, kuliah online, makan, tidur. Gitu terus. Pengen sesuatu yang baru, tapi apa ya?

Kebiasaan diatas menggambarkan kebanyakan mahasiswa di masa pandemi seperti ini. Semakin lama mengulang rutinitas tersebut, rasa bosan pun semakin menghampiri. Memecah rasa bosan dengan menambah kegiatan baru merupakan salah satu hal baik. Selama kegiatan tersebut bisa mengembangkan diri menjadi lebih baik lagi, sah-sah saja untuk mengikuti beragam kegiatan di kampus, apalagi jika kegiatannya menjadi nilai tambah akademik.

Memang, Keleluasaan waktu saat kuliah online memberikan banyak kesempatan untuk menggali minat bakatnya yang terpendam. Berbekal niat pengembangan diri, hal yang harus disiapkan selanjutnya adalah mencari lingkungan yang bisa mengarahkan dan menyalurkan kemampuan lewat organisasi. Dukungan dari lingkungan organisasi bisa memberikan potensi sobat kampus akan kemampuan dan passion menjadi lebih baik.

Secara umum, berorganisasi menawarkan banyak pelajaran, apa saja? Selain mengasah soft skill seperti cara memecahkan masalah dan keterampilan negosiasi, tak lupa juga mengenai hard skill seperti menulis atau menggunakan kamera. Sebelum memilih organisasi yang akan dipilih, dibawah ini ada beberapa wejangan pertanyaan untuk memilih organisasi, yuk simak!

  1. Apa Passion Kamu?

Passion akan menentukan cocok atau tidaknya sobat kampus dengan sebuah organisasi. Meski mendapatkan passion diri itu tidak bisa cepat, kamu bisa mulai dari apa yang kamu suka atau tertarik. Kegiatan mahasiswa di Unisba sendiri terdapat banyak jenis rumpun dan kegiatannya dimulai dari rumpun keilmuan, bahasa, keagamaan, olahraga dan bela diri, serta media.

Misalkan sobat kampus memiliki passion dan tertarik akan perpolitikan kampus bisa coba menjajal Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) atau Dewan Amanat Mahasiswa (DAM). Tertarik dalam bidang jurnalistik dan kemediaan? Ada Suara Mahasiswa menyediakan informasi dan berita tentang kampus (bukan promosi). Jika tertarik dibidang musik bisa masuk ke Paduan Suara Mahasiswa (Pasuma) Unisba , dan masih banyak lagi.

  1. Keinginan Sendiri atau Karena Teman?

Memilih organisasi harus sesuai dengan keinginan dan mengikuti kata hati. Sebab jika mengikuti organisasi karena paksaan kakak tingkat, atau bukan dari kemauan sendiri bisa jadi kamu hanya jadi orang lewat saja. Tapi, ada juga yang awalnya diajak teman lalu lama-kelamaan tumbuh kemauan untuk menetap di organisasi hingga bertahun-tahun. Memang tidak ada yang salah, tapi pertanyaan ini selalu dikesampingkan.

Kalau pertanyaaan ini sudah terjawab, maka kamu akan lebih mudah berkegiatan di organisasi kedepannya. Sehingga kamu bisa menempatkan diri diantara kegiatan dan hubungan dengan anggota organisasi di dalamnya. Sewaktu mendaftar organisasi, mending cepat-cepat cari teman yang mendaftar biar bisa saling menemani ketika ada kegiatan.

  1. Bisakah Menemukan Kebahagiaan Tersendiri?

Pilihlah organisasi yang bisa membuat kamu bahagia, meski kedepannya harus bersiap juga dengan adanya rintangan. Tujuannya, agar keikut sertaan kamu dalam organisasi itu bisa sebagai mengisi ilmu alternatif dari penatnya tugas-tugas kuliah. Jadi apapun yang kamu lakukan di organisasi tidak menjadi beban sama sekali, malah membuat kamu bahagia karena dapet hal baru yang bisa disombongkan ke banyak orang.

Berkaitan pula dengan poin kedua, jika organisasi yang dipilih sesuai dengan keinginan, rasa bahagia dan nyaman akan muncul seiring waktu. Bahkan kinerja sobat kampus di dalam organisasi akan terpakai dan membuat organisasinya maju. Jangan minder kalau belum bisa apa-apa, karena kebanyakan organisasi justru menyukai cukup dari orang yang mau belajar. Setiap organisasi juga pasti akan memberikan pelatihan dengan peralatan-peralatan yang dibutuhkan.

  1. Mengatur Waktu?

Sebelum bergabung, pastikan jadwal aktivitas kegiatan organisasi tidak mengganggu kegiatan perkuliahanmu, jadwal berorganisasi sepatutnya menjadi pertimbangan sebelum kamu memutuskan bergabung. Supaya kamu tidak melupakan apa kewajibanmu. Meskipun tidak menutup mata juga kalau beroganisasi membantu kamu mengatur waktu lebih baik lagi.

Lebih baik tanyakan kakak tingkat di dalam organisasi terlebih dahulu, apakah kesibukannya saat pandemi ini, sesibuk biasanya atau tidak. Lalu dari jawabannya, bisa kamu sesuaikan lagi dengan waktu dan keinginannmu. Karena beberapa organisasi ada yang kegiatannya padat setiap hari, tapi ada juga yang padat di waktu tertentu.

Sebagai wejangan penutup, secara tidak langsung, ketika berorganisasi berarti sudah siap menantang diri sendiri untuk struggle demi mengembangkan diri.  Organisasi apapun akan memberikan kamu bekal yang positif untuk digunakan di perkuliahan atau lingkungan sekitar.

Penulis : Shafanissa Alifia Shafira

Editor : Muhammad Sodiq

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *