Kamu Maba? Ini Tips Hadapi Ta’aruf

Ilustrasi

Hmm, ciee kamu-kamu yang baca udah jadi maba. Seneng ya udah ga pake seragam, bangun pagi terus berangkat sekolah? Girang ya, bisa bangun siang, terus cari gebetan? Eitss, kalem dulu sebelum kamu-kamu bisa ngerasain kebebasan dan sensasi jadi mahasiswa, masih ada Ta’aruf sama Program Pembinaan Mahasiswa Baru (PPMB) sebelum kamu masuk kuliah. Jangan tegang, dulu senior-senior yang kamu keceng juga ada di tempat kamu sekarang kok.

  1. Persiapkan diri

Hmm, pertama dan utama tapi sering lupa teman-teman. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan kamu buat ngikutin acara. Seengaknya, perbaiki jam tidur kamu, supaya besok pas acara kamu gak telat masuk. Kan bahaya ntar kamu kesiangan terus dapet hukuman.

  1. Cari informasi

Ya kamu-kamu, jangan heran kalo misalnya kamu nanti disuruh ngikutin aturan-aturan yang ada. Kan pasti kamu disuruh pake baju yang seragam tuh, kemeja putih bawahan hitam, jangan lupa peci atau kerudung. Jangan sampe kamu pas dateng hari pertama, malah pake baju pantai, ntar first impression kamu jelek deh.

Jangan lupa siapin rute berangkat kamu nih. Kan kata aturan gak boleh, bawa kendaraan. Kalo mau juga cari-cari info buat parkir. Bisa jadi di Taman Radio deket kampus Ranggamalela, atau mau di Baltos biar aman sentausa.

  1. Siapkan peralatan

Nah ini nih. Ini nih yang banyak ribetnya, panitia Taaruf atau PPMB bisa jadi minta kamu buat bawa benda-benda aneh bin ajaib. Bisa aja kamu disuruh bawa air mineral Unisba, mereun kursi goyang atau kucing dengan bulu polkadot. Kalo kamu ketemu syarat dengan nama aneh kaya gitu, jangan takut jangan kuatir, tanya senior-senior atau temen seperjuangan yang lain. Gapapa kalo salah juga, kan dihukumnya bareng-bareng. Biar solid lah gitu.

  1. Cari info kegiatan kampus

Kamu-kamu pasti pernah liat meme yang jenis-jenis mahasiswa kan, ada yang kuliah pulang, kuliah rapat, kuliah nangkring dan sebagainya. Jangan sia-siakan kesempatan kamu yang cuma sekali jadi mahasiswa hanya untuk kuliah terus pulang atau nangkring. Coba ikut kegiatan yang ada di kampus. Kamu bisa tambah soft skill juga pertemanan.

Pilihannya banyak, kamu mau berpetualang di gunung ada Mapenta. Kalo lebih suka teater ada Stuba. Mau ikut yang olahraga kaya basket, futsal, atau bela diri juga ada. Atau kamu mau jadi, fotografer, desainer grafis, videografer, atau penulis ada Suara Mahasiswa. –sumpah ini bukan promosi.

  1. Berteman

Last but not least, jangan lupa kamu masuk ke lingkungan baru di hidup kamu. Jangan sampe kamu melewati masa perkuliahan tanpa teman apalagi gebetan. Kan enak tuh kalo kamu ga nyatet materi bisa pinjem sama yang nyatet, belom dikirim duit buat makan, bisa numpang di rumah temen yang asli Bandung. Tapi jangan minta tipsen aja, ingat orang tua yang usaha keras buat kamu kuliah.

Gitu guys, tips buat kamu-kamu maba nan lucu dan unyu untuk mempersiapkan diri masuk ke salah satu tahap penting untuk kamu. Ingat jadi mahasiswa bisa jadi cuma sekali, jangan disia-siakan, buatlah pengalaman ini jadi berkesan dan tidak terlupakan. Satu lagi, selamat datang di kampus (yang katanya), kampus perjuangan. Ciao! (Vigor/SM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *