Sambangi Unisba, MetroTV Kenalkan Jurnalisme Warga

Suasana seminar jurnalisme warga yang digelar oleh Hima PR di Student Center (SC) bersama Wide Shot Metro TV senin (10/2). Acara ini dihadiri oleh banyak mahasiswa yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai dunia Jurnalistik. (Winda R./SM)

Suaramahasiswa.info, Unisba–Hima PR Unisba, menyelenggarakan seminar tentang jurnalisme warga di Student Center (SC), Senin (10/2). Event yang berjudul Wide Shot “Citizen Journalism on Public Interest, everyone can be a TV reporter for a day, inspiring, fresh & entertaining” baru pertama kali diselenggarakan di kota Bandung. Acara yang menghadirkan narasumber Rico Rizal (40) Produser sekaligus Jurnalis senior di Metro TV dilaksanakan dari pukul 10.00 – 17.00 WIB.

Dandi Wanca Damai Jaya (21) selaku ketua pelaksana merasa senang karena banyak mahasiswa yang antusias menghadiri seminar ini. Ia menambahkan bahwa acara ini dibuat agar mahasiswa-mahasiswa mengetahui tidak hanya jurnalis saja yang bisa meliput sebuah berita. “Semua orang bisa bisa untuk membuat sebuah liputan berita secara autodidak tanpa harus berprofesi secara khusus sebagai jurnalis,“ jelasnya.

Ada beberapa materi yang disampaikan dalam acara ini, semisal teknik pembuatan berita, pengambilan gambar dari kamera HP sampai profesional, dan juga penjelasan kode-kode etik jurnalistik. Jurnalisme warga termasuk baru di Indonesia, seluruh orang yang disebut warga punya hak untuk menjadi reporter dan membuat sebuah berita yang terjadi di sekitarnya. “Liputan yang dibuat dari versi warga ini bisa bertemakan apapun mulai dari kritik sosial, feature, budaya, dan politik, “ ujar Rico Rizal selaku produser Jurnalisme warga di acara Wide Shot.

Jajang Jamaludin (19), salah seorang pengunjung seminar Jurnalisme warga menyebutkan bahwa acara ini sudah cukup bagus. Ia menambahkan bahwa seminar ini memuaskan karena disertai pula dengan praktek lapangan. Namun Jajang menyayangkan kurangnya sosialisasi oleh tim panitia terhadap acara ini. “Acaranya bagus dan juga langka, kita yang awam tentang pembuatan sebuah berita menjadi cukup mengerti dengan adanya acara ini,“ papar mahasiswa Fikom 2013 ini. (Winda R./SM)