Waktu Pengembalian Uang SA Belum Pasti

Mahasiswa fakultas ilmu komunikasi tengah melakukan perkuliahan Semester Antara di Universitas Islam Bandung (Unisba) jalan Tamansari no.1 Bandung pada Rabu (19/7/2017). Kebijakan pembatalan mata kuliah Semester Antara (SA) mengakibatkan sejumlah uang mahasiswa ada di universitas dan akan dikembalikan. Namun, jangka waktu pengembalian uang ke mahasiswa belum ditentukan.

Suaramahasiswa.info, Unisba- Kebijakan pembatalan mata kuliah Semester Antara (SA) mengakibatkan sejumlah uang mahasiswa ada di Universitas. Pelaksana Harian (PLH) Ketua Bagian (Kabag) keuangan Universitas Islam Bandung (Unisba) Roni pada Selasa (18/7) menyatakan, uang mahasiswa akan dikembalikan tanpa pemotongan. Ia tidak menjawab pasti tanggal pengembalian namun menceritakan chek sudah mendapat tandatangan dari rektor Selasa (18/7).

Sedangkan setiap fakultas yang melakukan pembatalan masih menunggu uangnya turun dari universitas. Hal tersebut dibenarkan oleh Ketua Seksi (Kasie) Akademik Psikologi, Ali Mubarak bahwa mereka masih menunggu pusat yakni bagian keuangan universitas untuk pengembalian.

“Setelah ada pengumuman dari bagian keuangan unisba, baru kita sosialisasikan pada seluruh mahasiswa melalui media sosial. Kita akan berihtahukan apa yang harus dibawa dan jangka waktu pengembaliannya,” ucap Ali.

Roni mengutarakan sesudah check ditandatangani, ia akan mengambil uangnya ke bank, baru setelahnya fakultas bisa mengambil ke bagian keuangan pada Kamis (20/7). Adapun pengembalian langsung pada mahasiswa, universitas menyerahkan tanggaung jawab sepenuhnya kepada fakultas. “Untuk pendistribusiannya bagaimana dan jangka waktunya berapa lama terserah fakultas,” ujarnya.

Ali menjelaskan jika mahasiswa yang membayar SA melalui transfer, harus menyerahkan bukti ke fakultas agar terdaftar di universitas. Ia menambahkan, bagi mahasiswa yang tersendat saat mengambil uang bisa menyerahkan bukti berupa Formulir Rencana Studi (FRS) dan kwitansi kepada wakil dekan II. “Sekarang fakultas masih mengurus mahasiswa yang telah bayar melalui transfer bank, karena ada yang tidak terdaftar membayar,” terangnya.

Kasie Akademik Syariah, Maman Suherman menjelaskan uang akan di kembalikan sesuai SKS yang dibatalkan. “Fakultas akan mencatat mahasiswa yang batal mengikuti SA dan pengembalian pada saat pendataan.Uang akang dikembalikkan seluruhnya karena itu hak penuh mahasiswa,” tuturnya. Proses yang sama juga dilakukan oleh Fakultas Teknik  dan Psikologi sedangkan Fakultas Ilmu komunikasi masih belum tahu sistem yang akan diterapkan. (Puteri/SM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *