Duduk Bersama Mengenal ‘Citizen Journalism’

Suasana workshop ‘Topik Citizen Journalism 2013’ ANTV, di ruang serbaguna Fikom Unisba (16/12). Peserta terlihat antusias dengan materi yang disamapaikan oleh Sang Sidan Yoman. Koordonitor Kameramen News ANTV tersebut menyampaikan dasar-dasar ilmu jurnalistik. (Insan Fazrul/Job)

Suaramahasiswa.info, Unisba– ANTV yang bekerjasama dengan Keluarga Mahasiswa Jurnalistik (KMJ), mengadakan workshop bertajuk ‘Topik Citizen Journalism 2013’ di lantai 2 ruang serbaguna Fikom, Senin (16/12). Acara tersebut mendatangkan pembicara langsung dari ANTV, salah satunya ‘Manager News and Curent a Fair ANTV’ Anggi Ma’ruf, yang menjelaskan dasar-dasar jurnalistik. Peserta yang hadir membuat suasana workshop menjadi lebih interaktif dengan adanya tanya jawab yang berkesinambungan.

ANTV mengadakan workshop seperti ini sejak tahun 2007 hingga sekarang. Bayu Aristyo memaparkan, acara ini mempunyai tujuan untuk memberikan pelatihan jurnalistik. “ANTV mempunyai program setiap bulan untuk keliling kampus di Indonesia untuk memberikan pelatihan jurnalistik yang difokuskan untuk mahasiswa jurnalistik Fikom,” ujar salah satu kru televisi swasta tersebut.

Anggi Ma’ruf berharap setelah acara ini, peserta yang mengikuti workshop dapat memberikan feedback pada mereka berupa informasi terkait hal-hal yang dapat diliput tim redaksi ANTV. Kesan positif diungkapkan oleh salah satu peserta, “Cukup bagus, khususnya untuk beberapa kalangan yang belum paham jurnalistik. Sebelumnya kita mengenal jurnalistik di balik layar kaca dan sekarang kita iseng-iseng mungkin bisa tahu yang di balik kaca itu seperti apa.” Ujar Badru (21).

Jumlah peserta yang mengikuti workshop berjumlah 110 orang dan bukan hanya dari mahasiswa jurnalistik tetapi ada pula dari PR (Public Relation), Mankom (Manajemen Komunikasi) dan SMP 7 Muhammadiyah Bandung. Abdurrahman Mushaddiq sebagai ketua pelaksana berharap bahwa apa yang telah disampaikan dapat bermanfaat. “Semoga teman-teman yang tadi hadir, mampu menyerap ilmu dan mempraktekan apa yang didapatkan dari seminar tadi, jadi biar bisa tahu apa sih citizen journalism itu,” ujar mahasiswa jurnalistik 2011 saat diwawancarai. (Insan Fazrul, Riska N. Wijaya/jobs)