Tak Kunjung Ada Calon, Pendaftaran Capresma di Undur Lagi

Dicky Herdian tengah memaparkan perihal perpanjangan tenggat waktu capresma dan cawapresma di sekretariat DAMU, pada Selasa (18/10/16). Menurutnya, meskipun persyaratan capresma dan cawapresma telah diringankan masih saja tidak ada yang mendaftar. (Fadhis/SM)

Suaramahasiswa.info, Unisba – Senin kemarin pertanggal 17 Oktober 2016, Badan Penyelenggara Pemilihan Umum (BPPU) seharusnya sudah menutup pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden mahasiswa Unisba. Namun, Yudha Prakasa ketua BPPU saat diwawancarai pada Selasa (18/10) mengaku melakukan perpanjangan masa pendaftar hingga 19 Oktober 2016 mendatang. Menurutnya, hal ini berimbas pada jadwal-jadwal yang telah ditetapkan oleh BPPU.

Terkait hal ini, Yunus Mulia Hendriyaman, Presiden Mahasiswa Unisba saat ini mewajari langkah yang diambil oleh BPPU. Menurutnya lagi, seandainya hanya ada satu calon, ia menyayangkan jika ditentukan dengan aklamasi. “Saya enggak tahu di Unisba sejarahnya ada aklamasi atau tidak, tapi sayang sih kalau harus aklamasi soalnya ini ranah universitas, jadi kalau cuma satu pasang terus diaklamasi enggak demokratis,” ungkap Yunus.

Dicky Herdian Ketua Dewan Amanat Mahasiswa Unisba (DAMU) memaparkan, jika perpanjangan ini dilakukan karena masih belum adanya Capresma. Menurutnya, meskipun persyaratan Capresma dan Cawapresma telah diringankan masih saja tidak ada yang mendaftar. “Tapi kemarin Senin (17/10), sudah ada yang mengambil formulir satu pasang, dua pasang baru konfirmasi ngambil formulir hari ini. Kalau emang cuma ada satu calon nanti kita akan audiensi dan mungkin akan aklamasi, tapi kalau aklamasilah enggak etis menurut saya,” ujarnya.

Menurutnya, jika perpanjangan terus dilakukan akan berdampak pada program kerja BEMU ke depannya. “Yang dirugikan itu pasti ada. Kalau kita lihat periode Bhineka itukan diundur sampe tiga bulan, baru dilantik di bulan Oktober harusnya Juli. Dampaknya program kerja jadi mundurnya tuh jauh baget,” ungkap Dicky.

Dicky lalu menambahkan, screening akan ditentukan saat capresma sudah menyerahkan persyaratan. (Wulan dan Agistha/SM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *