Melindungi Diri Sendiri dan Orang Lain dari Wabah Corona Virus

Ilustrasi corona virus. (Ifsani Ehsan/SM)

Suaramahasiswa.info – Jika akhir-akhir ini kamu melihat siaran TV, media sosial, ataupun media massa lainnya, pasti sudah mendengar wabah berbahaya baru di dunia. Wabah tersebut ialah corona virus atau COVID-19. Melansir dari Tirto.id, Korban meninggal akibat wabah ini hingga Jumat (28/2/2020) pukul 12.30 WIB mencapai 2.858 orang. Komisi Kesehatan Nasional Cina melaporkan pada Kamis, setidaknya ada 44 kematian baru dari infeksi COVID-19, menjadikan jumlah kematian di negara itu 2.788 orang.

Jenis virus baru yang pertama kali menyebar dari kota Wuhan, China ini telah mewabah setidaknya 73 negara. Pada Senin (2/3), Jokowi mengumumkan bahwa Indonesia sudah termasuk ke salah satu negara yang terkena corona virus.

“Jokowi menjelaskan dua orang tersebut merupakan ibu dan anaknya yang sempat berkontak dengan warga negara Jepang yang datang ke Indonesia,” ujar Jowi, melansir dari Tirto.id.

Penyebaran virus corona ini terus menambah kecemasan masyarakat Indonesia yang baru saja dihinggapi virus berbahaya tersebut. Meskipun tidak ada vaksin untuk mencegah infeksi COVID-19, masih ada hal-hal yang dapat kamu lakukan untuk melindungi diri sendiri dan orang lain kok!

Dilansir dari Wold Health Organization (WHO), dan Healthline news,  Berikut langkah-langkah perlindungan dasar terhadap corona virus;

Cuci tangan Anda sesering mungkin

Kamu harus mencuci tangan secara teratur dan menyeluruh. Kemudian bersihkan tangan dan gosok menggunakan bahan yang mengandung alcohol (hand sanitizer) atau cuci menggunakan sabun tangan. Mengapa demikian? Karena mencuci tangan menggunakan sabun dan air atau menggunakan hand sanitizer, dapat membunuh virus yang mungkin ada di tangan.

Pertahankan Jarak Sosial

Pertahankan jarak setidaknya satu meter atau tiga kaki antara kamu dengan siapa sja yang sedang batuk atau bersin. Karena ketika seseorang batuk atau bersin, mereka mengeluarkan partikel-partikel kecil dari hidung atau mulut mereka yang mengandung banyak virus. Jika terlalu dekat, maka bisa saja kamu menghirup tetesan air, temasuk virus COVID-19. Itupun jika orang tersebut mengidap virus berbahaya tersebut. Setidaknya menghindar sebelum terkena, oke?

Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut

Tangan kita menyentuh banyak permukaan yang bisa saja terkontaminasi virus. Jika kamu menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan menggunakan tangan yang telah terkontaminasi virus, maka kamu akan memindahkan virus dari permukaan benda tersebut ke dalam tubuhmu.

Lakukan Kebersihan Pernafasan

Pastikan kamu, dan orang-orang di sekitar kamu, melakukan kebersihan pernafasan dengan baik ya. Ini berarti kamu harus menutup mulut dan hidung menggunakan pelindung seperti masker apalagi jika sedang mengalami batuk atau flu. Buang tisu bekas segera, setelah kamu membersihkan cairan lendir di hidung. Mengapa demikian? Karena lendir dari orang yang mengdidap flu mengandung virus dan bahkan dapat menyebarkan virus. Karena dengan mengikuti kebersihan pernafasan yang baik, kamu pun melindungi orang-orang di sekitar dari virus seperti flu, bahkan kemungkinan COVID-19.

Jika mengalami deman, batuk, atau kesulitan bernafas, segera cari perawatan medis

Tetaplah di dalam rumah jika merasa tidak sehat. Jika mengalami demam, batuk dan kesulitan bernapas, cari bantuan medis dan hubungi terlebih dahulu. Mengapa? Otoritas nasional dan lokal akan memiliki informasi terbaru tentang situasi di daerah yang kamu tinggali. Menghubungi pihak terkait seperti penyedia layanan kesehatan adalah langkah yang tepat demi melindungi  dan membantu mencegah penyebaran virus dan infeksi lainnya.

Tetap terinformasi dan ikuti saran yang diberikan oleh penyedia layanan kesehatan

Tetap terinformasi tentang perkembangan terbaru COVID-19. Ikuti saran yang diberikan oleh penyedia layanan kesehatan. Mengapa demikian ? karena otoritas nasional atau lokal memiliki informasi terbaru tentang apakah COVID-19 menyebar di daerah kamu atau tidak. 

Hindari mengonsumsi makanan berbahan dasar hewan yang mentah atau setengah matang

Tangani bahan makanan seperti, daging mentah, susu, atau organ tubuh hewan dengan hati-hati untuk mencegah kontaminasi dari makanan mentah, sesuai dengan kaidah keamanan makanan yang baik. Jika ingin mengonsumsi daging atau ikan, pastikan daging atau ikan tersebut sudah dicuci dan dimasak hingga benar-benar matang. Tahan dulu keinginan makan-makanan mentah dan setengah matang, ya!

Tidak Pergi ke negara terjangkit

Melansir dari Healthline news tidak hanya Tiongkok, penyakit infeksi virus corona kini juga sudah mewabah ke beberapa negara lain, maka hindari terlebih dahulu negara terjangit. Karena, departemen Luar Negeri A.S. telah mengeluarkan penasehat perjalanan tingkat 4 untuk Hubei, provinsi China, yang berarti “jangan bepergian,” dan merupakan tingkat peringatan tertinggi. Kemudian, Arab Saudi telah menutup negaranya bagi jama’ah yang ingin umroh demi menghindari meluasnya penyebaran virus corona.

Penulis: Puspa Elissa

Editor: Ifsani Ehsan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *