[Artikel] Tradisi yang hanya ada di bulan Ramadhan

Oleh : Selvy Fitrianawati

Ramadhan adalah bulan yang paling ditunggu-tunggu, terutama bagi umat Muslim. Selain berpuasa, solat tarawih dan berzakat, ada beberapa hal yang hanya dapat kita temui pada moment bulan penuh berkah ini. apa aja sih moment nya? daripada penasaran, yuk kita intip uraiannya!

Pertama, tradisi membangunkan warga untuk sahur. Biasanya para petugas akan berkeliling ke rumah-rumah dan berteriak “Sahuuur.. Sahuuur” lengkap dengan alat musik sederhana seperti galon dan ember.

Kedua, yaitu buka bersama. Sebagian orang memanfaatkan momen Ramadhan untuk bersilahturahmi dengan teman maupun keluarga yang jarang sekali bertemu melalui buka bersama. Mereka biasanya memesan tempat dan makanan disalah satu rumah makan. Tak heran jika banyak restoran yang berlomba-lomba menyediakan paket menu buka puasa. Menjadi keutungan sendiri bagi para pengelola rumah makan, karena seriap harinya mereka kebanjiran pesanan.

Ketiga adalah kolak dan sop buah sebagai hidangan pembuka saat mengakhiri puasa seharian. Kolak seakan menjadi menu wajib ketika bulan Ramadhan, dengan beragam jenisnya seperti kolak biji salak, pisang, kolang-kaling dan lainnya. Begitu pula dengan sop buah yang menjadi menu favorit selain kolak. Sangatlah mudah untuk mendapatkan kedua makanan ini, karena biasanya para pedagang makanan musiman ini akan berjualan saat sore menjelang berbuka.

Hal keempat yaitu banyaknya jasa penukaran uang di jalan-jalan. Orang-orang berdiri di trotoar jalan, sambil menunjukkan uang kertas yang masih baru. Kebiasaan membagikan THR uang bagus saat lebaran namun bank yang selalu penuh dengan antrian, yang memicu hadirnya para penyedia penukaran uang tersebut. Untuk penukarannya biasanya harus mengeluarkan uang lebih, contohnya ketika tukar 100 ribu, maka harus menggantinya dengan 110 ribu.

Kelima, Sahur On the Road (SOTR). Kegiatan beramal dengan membagikan santapan sahur ini memang menjadi hal yang sering dilakukan saat Ramadhan. Peserta dalam kegiatan ini biasanya berasal dari kelompok-kelompok bermain, organisasi kampus, hingga sanak keluarga. Mereka akan berkonvoi dengan menggunakan motor atau mobil dan membagikan nasi bungkus kepada orang-orang yang membutuhkan.

 

Hal keenamnya ialah ngabuburit. Kegiatan menghabiskan waktu, saat menjelang berbuka puasa. Para warga biasanya memilih melakukan hal-hal positif seperti mengaji. Adapun yang berkeliling disekitar rumah maupun ke taman-taman kota. Itulah beberapa hal yang hanya ada saat Ramadhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *