Suara Mahasiswa

Nakal, Tajam, Menggelitik

Berita

Unisba Tak Lagi Menyediakan Subsidi Kuota Bagi Mahasiswa

Illustrasi Kuliah Online melalui Zoom Meeting namun Tidak Memiliki Kuota. (Fahriza Wiratama/SM)

Suaramahasiswa.info, Unisba – Terhitung sejak bulan Januari 2021, Mahasiswa tidak lagi mendapatkan bantuan subsidi kuota dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Menanggapi hal tersebut, Wakil Rektor II, Atih Rohaeti Dariah mengatakan bahwa pihak Universitas pun tidak mengganti atau menyediakan subsidi kuota bagi mahasiswa yang tidak mendapatkan hal tersebut.

“Ada subsidi dari pemerintah, itu sudah disampaikan juga oleh Ditjen Dikti. Jadi, pihak Universitas tidak menyediakan lagi subsidi kuota, karena sudah ada subsidi Infaq Kuliah Tetap (IKT).” Ujar Atih saat diwawancarai via pesan daring pada Selasa (09/03).

Atih juga menyebut bahwa sepatutnya mahasiswa melaporkan kepada dosen wali masing-masing terkait subsidi kuota yang tidak diterima. Selain itu, ia pun tidak memberikan solusi terkait permasalahan yang dihadapi oleh mahasiswa. “Itu kejadiannya sudah lama, saat itu cukup waktu sosialisasi sampai mahasiswa harus registrasi nomor hp nya. Mohon maaf kita tidak membahas lagi yang sudah berlalu.”

Salah satu Mahasiswa Fakultas Dakwah, Fathi Umar Mustaqima merasa dirinya tidak mengalami kesulitan meskipun tidak mendapatkan kuota sebab ia memiliki fasilitas wifi. Pun ia menambahkan bahwa terkadang mahasiswa menggunakan kuota yang diberikan untuk hal lain, seperti menonton drama.

Berbeda dengan Fathi, Friska Putri Latifah justru mengalami kesulitan karena  merasa kuota adalah komponen penting yang harus ada dikala kuliah daring seperti ini. Mahasiswa asal Fakultas Dakwah tersebut kini merasa kesal karena tetap membayar kuliah namun Universitas tidak memberikan kuota tambahan bagi mahasiswa.

“Aku kesel juga ya, karena kan bayaran tetap jalan, tapi fasilitas hanya e-kuliah saja yang kita dapat, itupun kadang menyulitkan. Seharusnya sih beda gitu kuota dari Kemendikbud dengan kampus. Sedangkan kuota Kemendikbud pun harus nunggu lagi kepastiannya, enggak tahu kapan.” Kata Friska saat diwawancarai via telepon pada Rabu (10/03).

Reporter: Wahyu Nursinta & Sri Utami

Penulis: Wahyu Nursinta

Editor: Tazkiya Fadhiilah Khoirunnisa

 

 

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *