Tanpa Wisuda, Mahasiswa Bisa Lulus dan Dapat Ijazah

Jajaran wisudati memanjatkan doa bersama di Aula Hj. Kartimi Kridhoharsojo, Jalan Tamansari No. 1, Kota Bandung pada Sabtu (22/2/2019). (Fahriza Wiratama/SM)

Suaramahasiswa.info, Unisba – Pelaksanaan wisuda gelombang kedua yang dicanangkan pada Agustus 2020 resmi dihapuskan, karena masalah keamanan akibat pandemi Covid-19. Pengumuman ini dijelaskan saat audiensi antara rektorat dan beberapa mahasiswa pada Kamis (11/6) via daring.

Wakil Rektor III, Asep Ramdan Hidayat menyebut meski tidak ada wisuda, mahasiswa yang lulus sidang akhir pada Agustus tetap akan menerima ijazah. “Surat kelulusan (SKL) akan tetap keluar saat selesai sidang, ijazah juga akan tetap diproses walaupun mahasiswa tidak mengikuti wisuda,” ucapnya lewat telepon pada Senin (15/7).

Acara wisuda dinilai sakral bagi sebagian orang. Asep pun memperbolehkan mahasiswa yang lulus Agustus untuk memilih ikut atau tidak seremonial wisuda pada 2021. “Boleh milih, ya.

Terkait pembayaran wisuda, kata Asep, mahasiswa hanya akan membayar adminstrasi satu kali saja ketika mendekati pelaksanaan wisuda. Pun untuk pembayaran Infaq Kuliah Tetap (IKT) bagi mahasiswa yang telah sidang akhir dikatakan tuntas karena masa perkuliahan telah usai.

Padahal beberapa kampus di Indonesia menggelar wisuda secara daring, namun opsi itu tidak diambil Unisba. Asep beralasan mahasiswa tidak mau jika seremonial ini harus berlangsung secara daring. Alasan itu Asep dapatkan melalui observasi serta membuka obrolan dengan beberapa calon wisudawan dan wisudawati.

Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom), Amalia Nur Islami mengatakan setuju jika acara wisuda dihapuskan, namum Amal  berharap jika pihak universitas tetap menyiapkan konsep wisuda daring.

“Mahasiswa telah mempersiapkan kelulusan di bulan Agustus dan sudah mulai mencari lapangan pekerjaan, kalau wisuda dilakukan pada tahun 2021, bagaimana nasib mahasiswa yang sudah bekerja? Takutnya menyulitkan kedua belah pihak,” tuturnya.

Reporter: Tazkiya Fadhiilah Khoirunnisa

Penulis: Tazkiya Fadhiilah Khoirunnisa

Editor: Puspa Elissa Putri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *