Laksanakan Wisuda Online, Unisba Lantik 1190 Wisudawan dan Wisudawati

Ilustrasi mahasiswa sedang melakukan wisuda secara online. (Fahriza Wiratama/SM)

Suaramahasiswa.info, Unisba – Penyelenggaraan wisuda pada sidang terbuka senat Universitas Islam bandung (Unisba) dalam rangka pelantikan Doktor, Magister, Profesi dan Sarjana tahun akademik 2021/2021 dilaksanakan secara online pada Sabtu (20/2). Divisi Acara Wisuda Gelombang Dua Tahun 2020, Tresna Wiwitan mengatakan Jumlah wisudawan dan wisudawati pada tahun ini sebanyak 1190 orang. Menurutnya, wisuda daring membutuhkan persiapan yang matang dan ketat. 

“Hambatan kita ketakutan masalah teknis, bisa tiba-tiba freeze atau jaringan down. Tapi kita sudah siap-siap jaringan dari puslahta sudah standby, karena kita punya pengalaman tiba-tiba jaringan down. Tapi ya itu tadi, namanya kendala teknis susah diprediksi,” jelasnya.   

Salah satu wisudawan fakultas Psikologi, Ilham Rizqullah Setiadie alami kemoloran wisuda sejak kelulusannya di bulan Juli 2020 sebab ketidakpastian kondisi pandemi saat ini. Pihak Universitas pada awalnya merencanakan akan menyelenggarakan wisuda secara ofline akan tetapi kasus Covid-19 yang terus meningkat membuat pihak Universitas membatalkan wisuda offline. 

“Ekspektasinya kalau Offline tuh rame, bisa kumpul bareng, dan menghabiskan waktu terakhir di kampus lah. Tapi, kalau ternyata harus online seperti teman-teman yang dari kampus lain buat apa menunggu 6 bulan, cukup disayangkan sih karena jadi mengulur waktu cukup lama juga dari lulus yudisium,” ujarnya.  

Sama halnya dengan wisudawan Fakultas Ilmu Komunikasi, Adhitya Fajar Fikrillah yang mengatakan lebih memilih wisuda secara offline. Hanya saja menurutnya, wisuda kali ini menjadi lebih mudah sebab dilaksanakan melalui online. “Semoga wisuda online mah hanya di tahun ini saja, tahun depan sudah bisa wisuda offline lagi, semoga.” Tutupnya.

Reporter: Tazkiya Fadhiilah & Sophia Latamaniskha

Penulis: Sophia Latamaniskha

Editor: Ifsani Ehsan Fachrezi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *