Suara Mahasiswa

Nakal, Tajam, Menggelitik

Berita

KBMU Peduli: Siapkan Posko Bantuan Mahasiswa Unisba yang Terdampak pandemi

Ilustrasi posko bantuan terhadap pihak yang terdampak Covid 19. (Fahriza Wiratama/SM)

Suaramahasiswa.info,Unisba – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Sosial Politik (Kemensospol) Badan Eksekutif Mahasiswa Unisba (BEMU) akan merealisasikan program Keluarga Besar Mahasiswa Unisba (KBMU) Peduli. Program ini diadakan untuk membantu mahasiswa Unisba dan masyarakat sekitar Tamansari yang terdampak pandemi Covid-19.

Presiden Mahasiswa (Presma) Unisba Taufik Sirajuddin mengatakan posko bantuan Covid-19 ini akan dikelola langsung oleh Kemendagri dan Kemensospol dan berkolaborasi dengan seluruh mahasiswa Unisba. “Mulai dari Kemendagri, Kemensospol, Lembaga Kegiatan Mahasiswa (LKM) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), akan menjadi relawan posko bantuan pasien Covid-19,” Ujarnya saat diwawancarai melalui dalam jaringan (Daring) pada Senin (12/7).

Sosialisasi penyelenggaraan program kepada seluruh perwakilan ormawa dilaksanakan melalui daring pada Jumat (16/7) malam. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) , Raihan Bintang mengatakan bahwa program KBMU Peduli akan segera membuka Open Recruitment untuk mencari relawan-relawan yang akan berpartisipasi dalam program tersebut.

Ia menjelaskan, program ini menerima segala bentuk bantuan dari penyumbang. Setiap bantuan akan dikumpulkan di posko Covid-19 dan segera disalurkan kepada pihak yang membutuhkan mulai dari mahasiswa Unisba hingga masyarakat dan pedagang kaki lima sekitar Tamansari. Kemudian teknis selengkapnya akan dimatangkan kembali bersama para stakeholder yang terlibat.

Selain menyediakan posko bantuan Covid-19, Kemendagri akan berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Unisba untuk menyediakan ruangan isolasi mandiri di kampus Ciburial. Ruangan tersebut akan digunakan untuk mahasiswa yang diharuskan isolasi mandiri namun indekos atau tempat tinggalnya sedang tidak kondusif.

“Kita akan mengurus perizinan ke universitas agar bisa menggunakan fasilitas kampus. Mungkin yang disiapkan hari ini, kita coba koordinasi dengan satgas dari universitas untuk berkolaborasi supaya lebih efektif. Kalau memang bisa dikolaborasikan, saya pun pernah mendengar dari pihak universitas itu sudah menyiapkan tempat isolasi mandiri bagi mahasiswa Unisba yang terpapar Covid-19,” jelasnya.

Tidak hanya itu, Program KBMU Peduli juga akan melakukan penggalangan dana untuk meringankan beban pembayaran uang perkuliahan mahasiswa Unisba yang terdampak pandemi. Raihan menambahkan program ini memfasilitasi para penyumbang baik dari kalangan mahasiswa atau bukan mahasiswa yang memiliki rezeki untuk berbagi.

Raihan berharap dengan diadakannya bantuan ini dapat meringankan beban mahasiswa Unisba dan masyarakat sekitar Tamansari yang terdampak pandemi. “semoga dengan dilaksanakannya program ini dapat menjadi salah satu representatif dari visi misinya serta bisa mempererat tali persaudaraan antar KBMU.”

 

Reporter: Hafizh Abdurrauf Ismail

Penulis:  Gina Hafiza

Editor:  Sophia Latamaniskha

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *