Smile For Economic One, Menyongsong Maba Berkarakter 3M

Suaramahasiswa.info, Unisba – Fakultas Ekonomi Unisba menyelenggarakan Taaruf Fakultas sekaligus Program Pembinaan Mahasiswa Baru (PPMB) yang dilaksanakan di Aula Utama Unisba Jl Tamansari No. 1 . Acara ini berlangsung selama 3 hari terhitung dari tanggal 28- 30 dengan mengusung tema Smile For Economic One.

Makna dari tema Ta’aruf Fakultas Ekonomi ini merupakan intisari dari detonator akademik dan kepribadian dengan basic ilmiah yang diperkuat dengan kepribadian seperti yang diharapkan oleh sejarah Unisba. Hal ini diamini oleh Yuka Sundaya selaku Wakil Dekan 1 Fakultas Ekonomi Unisba. “Pada dasarnya kita di Universitas ini belajar ilmu pengetahuan dengan yang tentunya diperkuat dengan karakter yang Mujahid, Mustahid dan Mujadid yang bekerja keras, terus berpikir kreatif, dan pembaharu. Jadi hal itulah yang menjadi inti manusia agar dapat beradaptasi untuk bisa survive dalam semua perubahan untuk ke depannya,” tutur Yuka.

Tahun ini Fakultas Ekonomi menerima mahasiswa baru dengan jumlah paling banyak sebanyak 434 orang, hal itu tidak luput dari upaya- upaya yang dilakukan untuk terus mempromosikan kepada masyarakat melalui sekolah dan akivitas penelitian serta pengabdian dosen. Yuka mengungkapkan bahwa masih perlu mengkaji referensi daya ungkit dari tiap- tiap program tersebut.

Bila dibandingkan dengan tahun lalu, peminat Fakultas Ekonomi meningkat hampir mendekati 100% dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya 97% . “Dilihat dari kehadiran dan pertisipasinya semakin bagus, tinggal keseriusan dari panitianya saja untuk mengelolanya. Antusiasme mabanya pun juga bagus dibuktikan dengan kedisiplinan dalam mengejarkan tugas- tugas,” tuturnya. Yuka menanggapi penerimaan mahasiswa baru Ekonomi yang lebih banyak dibandingkan dengan fakultas lain bukan hal yang spesial, melainkan sebagai sinyal untuk terus berpikir dan bekerja keras bagi pihak fakultas.

Qori, mahasiswa baru Fakultas Ekonomi menuturkan atusiasmenya dalam berpartisipasi mengikuti ta’aruf dan PPMB Fakultas. “Seneng, soalnya kan kita dikasih tugas- tugas gitu terus bisa bareng- bareng ngerjain sama temen dan kenalan sama temen baru lagi,” ujar mahasiswa yang mengambil jurusan akuntasi ini.

Yuka berharap kepada mahasiswa baru untuk meggunakan mimbar dan kebebasan akademik sebaik- baiknya. “Harapan ketika mereka sudah dilantik, untuk meggunakan mimbar dan kebebasan akademik sebaik- baiknya untuk pengembangan diri untuk mengembangkan Unisba serta mempromosikan Unisba kepada khalayak Internasional,” tutupnya. (Luthfi Apriliasari/SM)