PPMB Hukum Unisba : “Berkarakter, Berdisiplin dan Berakhlakul Karimah”

Suaramahasiswa.info, Unisba – Fakultas Hukum Unisba kembali menggelar rangkaian rutin tahunan, Program Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB). Pada tahun 2013, Fakultas yang identik dengan warna merah tersebut mengusung tema ‘Berkarakter, Berdisiplin dan Berakhlakul Karimah’. Kegiatan tersebut telah berlangsung sejak Selasa (27/8) hingga Kamis (29/8) lalu, di basement kampus Unisba Jln. Ranggagading No.8 Bandung.

Mengusung tema ‘Berkarakter, Berdisiplin dan Berakhlakul Karimah’, predikat ini masing-masing mengandung makna. Diantaranya : Berkarakter, segala rangkaian acara yang dijalani para peserta memiliki karakter serta makna filosofisnya.  Berdisiplin, mencetak jiwa disiplin melalui tuntunan fasilitator komisi Disipliner. Berakhlakul Karimah, terlihat dari kegiatan-kegiatan dengan sentuhan rohani seperti tadarus dan materi bernafaskan bimbingan keislaman.

Kendati terkendala dengan manjemen waktu, rangkaian kegiatannya sendiri berjalan cukup baik. “Dihari pertama itu lebih menjurus pada fakultas, dimulai dengan pengenalan hingga seluk-beluk fakultas hukum Unisba. Hari kedua, kita melakukan bedah film. Hari ketiga, kami terjun ke lapangan yang berlokasi di Ranca Upas,” tutur Desti Handini selaku koordinator acara.

Kegiatan PPMB ini merupakan urgensi, guna tiket menuju penyusunan sidang skripsi kelak. Terlepas dari itu semua, Argian Rahesa selaku Ketua Pelaksana PPMB Fakultas Hukum 2013 mengungkapkan, “PPMB FH ini bertujuan memupuk mental mahasiswa baru agar bermental baja, sebagai pembekalan di dunia perkuliahan agar lolos dari jeratan seleksi alam, juga sebagai selongsong peluru kelak di dunia kerja,” tegasnya.

Tak jarang mahasiswa baru pun dibuat bingung dengan properti yang harus dikenakan dan dibawa saat acara berlangsung. “Cukup kesulitan  nyari barang-barang yang disamarkan nama dan bentuk aslinya, agak ribet tapi seru sih acaranya,” ujar Navilla salah seorang peserta. Selain itu panitia pun harus memperhitungkan kembali harga barang dalam menentukan daftar bawaan, karena sebagai imbas dari kenaikan harga pasar.

Uniknya dalam PPMB Fakultas Hukum ini, adalah peserta PPMB diharuskan mencantumkan motto menggunakan bahasa Indonesia dalam nametagnya masing-masing. Hal tersebut mengajarkan untuk membudidayakan bahasa Indonesia dan tidak memakai bahasa lain selain bahasa ibu kita sendiri.

Argian pun menaruh banyak harapan kepada para mahasiswa baru agar menjadi pribadi yang bisa dibanggakan, baik mengatasnamakan Fakultas Hukum maupun Unisba sendiri. “Mahasiswa Hukum angkatan 2013 harus bisa menonjol di akademiknya, berorganisasi itu penting tapi akademik pun harus berimbang, tunjukin dulu sisi terbaik dalam diri di bidang akademik, baru tunjukan sisi terbaik kalian ke luar yaitu organisasi,” Pungkasnya menutup wawancara. (Rimma Artarini/SM)

Foto : Sie Pubdok PPMB Fakultas Hukum Unisba 2013