Hari Libur, Sosialisasi Pemilu BEM Psikologi Tetap Berlangsung

Persiapan menuju Pemilu ketua BEM Psikologi sudah pada penyusunan bilik dan kotak suara, Senin (13/1).

Suaramahasiswa.info, Unisba – Pemilihan Umum (Pemilu) BEM Psikologi akan diselenggarakan mulai tanggal 15-16 Januari 2014 di lantai 2 Akuarium Unisba. Rencananya acara ini dimulai pukul 09.00 – 16.00 WIB di Kema Psikologi. Kegiatan ini ditujukan untuk seluruh mahasiswa Fakultas yang identik dengan lambang trisula ini. 

Persiapan Pemilu sudah mencapai 90 %, hal ini terlihat dari kesiapan para kandidat, serta beberapa perlengkapan yang telah dibuat seperti bilik suara dan kotak suara.Hal ini didukung oleh penuturan Abdul Hakim sebagai penanggung jawab dari pemilu tersebut, yang mengaku bahwa perlengkapan tinggal disusun untuk hari pemilihan nanti.

Namun, ada sedikit kekhawatiran untuk Pemilu kali ini karena pelaksanaannya masih dalam suasana UAS, ditambah adanya libur sebelum hari H. Meskipun begitu, panitia telah mempersiapkan semuanya dengan matang. “Dari jauh-jauh hari kita udah share ya lewat sosmed, pamflet, pas kampanye dialogis juga kita udah jelasin jadi mahasiswa saya kira udah tau,” jelas Abdul.

Hal ini terbukti dari beberapa mahasiswa Psikologi Unisba yang mengetahui akan acara ini. Salah satunya adalah Resna, Psikologi 2009, dia mengakui bahwa mengetahui pemilu dari beberapa hari yang lalu melalui berbagai sumber. “Sosialisasinya udah bagus, soalnya mahasiswa pada tahu juga. Saya sendiri tahu dari mading, temen, sama sosmed. Jadi, informasinya menyebar secara cepat,” tukas Resna.

Hal yang sama dialami Diajeng Ayu P. (18) mahasiswa Psikologi 2013, yang mengaku bahwa penyebaran informasi sudah efektif. Para senior dianggap aktif memberikan informasi mengenai pemilu kepada Maba. “Menurut saya efektif, seniornya juga suka sharing sama Maba, di Line juga aktif demo dari para pendukung kandidat masing-masing,” ujarnya.

Selain lewat sosmed, panitia juga melakukan sosialisasi lewat kampanye dialogis, yang telah diadakan pada hari sabtu, tanggal 11 Januari 2014 beberapa waktu lalu. Meskipun terjadi keterlambatan selama 20 menit, tapi kegiatan tersebut tetap berjalan dengan lancar. Meskipun persiapan sudah matang, namun Abdul Hakim tetap memiliki kekhawatiran mengenai partisipasi mahasiswa, “saya khawatir akan kurangnya partisipasi, tapi apabila suara kurang dari 2/3, maka akan ada tambahan hari untuk pemilu,” paparnya. (Intan S./Job)