Tanggapan Mahasiswa Perihal Perubahan UKT Menjadi IKT

M. E .Fuady tengah memaparkan penjelasanyya terkait latar belakang Wakil Rektor tiga Unisba, Asep Ramdan, pada Selasa lalu (26/7). Ia menjelaskan kalau program yang diusung oleh Warek tiga dapat membantu Warek satu dan dua dalam menjalankan tugasnya.  (Fadhis/SM)

Suaramahasiswa.info, Unisba – Memasuki masa pembayaran administrasi kuliah, masih banyak mahasiswa yang belum mengetahui perihal penamaan istilah jenis pembayaran.Uang Pembangunan Universitas (UPU), Uang Kuliah Tetap (UKT), Uang Sistem Kredit Semester (USKS) telah diubah menjadi Infaq Pembangunan Universitas (IPU), Infaq Kuliah Tetap (IKT), Infaq Sistem Kredit Semester (ISKS) sekitar tiga tahun lalu. Hanya saja, perubahan nama tersebut masih belum familiar dikalangan mahasiswa. Seperti yang dirasakan oleh mahasiswi fakultas ekonomi dan bisnis, Putri Nur Athamimiah pada Rabu (31/8).

Menurut Putri, seharusnya ada pemberitahuan dari pihak universitas ke mahasiswa. Karna bukan hanya mahasiswa baru atau lama yang belum mengetahui nama baru tersebut, melainkan orang tua mahasiswa yang bisa aja menyalah artikan istilah. “Yang saya tahu, infaq tuh uang yang dibayar hampir sama dengan sodaqoh sedangkan uang itu nominal yang dibayar. Dari pengertian aja udah beda sih,” tutur mahasiswi angkatan 2015 ini.

Felia Rizkita, mahasiswi fakultas psikologi pun mengaku tidak setuju dengan istilah ‘infaq’ yang digunakan sebagai penamaan jenis pembayaran. Menurutnya, hal ini bisa menyebabkan kesalahpahaman bagi mahasiswa dan terlebih lagi orang tuanya. “Seharusnya kedua nama itu engga bisa disama artikan karna jauh berbeda,” ucapnya.

M. E. Fuady selaku humas Unisba menuturkan, perubahan ini sudah dilakukan dari tiga tahun yang lalu. Tidak ada arti khusus dalam istilah infaq yang digunakan. Menurutnya hal ini dikarenakan Unisba merupakan universitas islam jadi diganti dengan kata yang lebih religius “Seperti pergantian istilah ospek dengan taaruf. Bedanya kalau infaq dengan uang menurut saya substansi nya sama ya jadi tidak ada perbedaan apapun,” jelasnya. (Agistha/SM)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *