Stand Up Comedy, Berawal Dari Kecemasan

Bene Dion (kiri), ditemani Adil Nursalam-pemimpin redaksi Suara Mahasiswa (tengah) dan Agung Satriawan (kanan) sedang memamerkan buku-buku hasil karya Bene dan Agung, pada pra event talkshow penulisan kreatif dan Stand Up Comedy. (Agam/SM)

Suaramahasiswa.info,Unisba- Berawal dari kecemasan, begitulah Stand Up Comedy menurut Bene. Komika asli Medan ini menulis sebuah buku yang berjudul “Ngeri Ngeri Sedap”. Senin(17/11) bertempat di Akuarium Unisba, Bene Dion menjelaskan perihal Stand Up Comedy itu sendiri.

“Stand Up Comedy  berawal dari kecemasan seseorang. Misalnya gini, kalo temen kita lagi ngeluh, males dengernya. Tapi kalo keluhan itu dibuat ketawa (stand up), ya pasti banyak yang mau denger,” ujarnya.

Menurutnya, orang yang melakukan Stand Up Comedy itu bukan orang yang lucu sehari-hari, tapi orang yang penuh kecemasan. “Orang yang garing aja, jangan takut ga lucu. Aku aja dulu pernah dapet julukan orang paling garing se- SMA ku dulu,” tambahnya.

Komedi cerdas ini pun mudah untuk dipelajari karena sudah diteorikan. Namun tak hanya teori, praktiknya pun diperlukan sambil diiringi latihan. “Stand up comedy ini sudah diformatkan, joke itu ada yang namanya premis, setup dan punch line. Semuanya itu sudah dikonsepkan, mudah untuk belajar–orang yang garing dan serius pun bisa,” tukasnya. (Ravi Ahmad/SM)