Suara Mahasiswa

Nakal, Tajam, Menggelitik

Berita Harian

Aturan Asrama Ala Mahasiswa Maluku Utara

Bandung, SM – Asrama mahasiswa Pemprov Maluku Utara, sebuah asrama yang khusus dibangun oleh Pemprov Maluku Utara, salah satunya terletak di jalan Bekatonik No. 12 RT. 06/14 Kelurahan Cikutra, Kecamatan Cibeunying Kidul, Kota Bandung.


“Awalnya bangunan ini hanya kontrakan lantaran sebagian besar yang mengontrak berasal dari Maluku Utara, oleh karena itu pemerintah membantu untuk mengalihfungsikannya menjadi asrama mahasiswa bagi kami (pemuda Maluku Utara: red),” ujar Firman (25), salah seorang mahasiswa yang tinggal di asrama tersebut.


Selain sebagai asrama mahasiswa, bangunan yang didominasi cat berwarna abu dan ungu ini juga digunakan sebagai Sekretariat HIPMMU (Himpunan Pelajar Mahasiswa Maluku Utara). Meski tidak berisi lebih dari 30 orang, suasana asrama acapkali ramai karena dikunjungi oleh mahasiswa asal Maluku Utara, yang tidak memilih tinggal di asrama daerah mereka.


“Asrama Pemprov Maluku Utara di Bandung hanya ada satu, sedangkan di kota lain ada yang memiliki dua sampai tiga asrama. Nah, nanti setiap tahun selalu ada acara dari HIPMMU Indonesia. Tahun 2012 lalu, kami mengadakan acara di Jakarta, perwakilan HIPMMU dari setiap daerah datang bergabung,” ujar Rizki, ketua HIPPMU Kota Bandung.


Apabila melanggar aturan-aturan yang diterapkan, tidak jarang mahasiswa akan mendapat Surat Peringatan (SP) bahkan di hukum dan dikeluarkan, jika pelanggaran yang dilakukan dianggap berat.


“Kami senang di sini, bisa saling membantu. Kami juga selalu bilang walaupun kami merantau jauh, tapi kami tidak pernah merasa sendirian,” tutup Rizki. (Ajeng Silvia, Intan Wadhiatul/SM)