Baru Dua Hari, Taman Alun-Alun Bandung Sudah Kotor

Menjelang siang, masyarakat masih memadati Taman Alun-Alun Bandung, Jumat (2/1). Sayangnya, kesadaran masyarakat masih minim dalam menjaga kebersihan taman tersebut.

Suaramahasiswa.info, Bandung- Taman Alun-Alun kota Bandung yang berada di Jalan Asia Afrika resmi dibuka beberapa hari lalu, tepatnya pada 31 Desember 2014. Tempat ini dipadati masyarakat karena bertepatan dengan moment liburan. “Taman ini cukup menghibur, banyak pengunjung yang menikmati suasana di sini. Sayangnya, baru dua hari resmi dibuka taman ini sudah kotor,” ujar Hilda, salah satu pengunjung, Jum’at (02/01).

Suasana yang nyaman menjadi alasan utama para pengunjung memadati tempat ini. Ternyata minimnya petugas kebersihan memberikan dampak negatif pada lingkungan taman tersebut. “Kalau soal keamanan kami sudah berusaha memberikan yang terbaik, namun karena sedikitnya petugas kebersihan, maka banyak sampah yang berserakan,” ujar Asep Hadi, petugas Satuan Polisi Pamong Praja yang bertugas menjaga keamanan setempat.

Hal senada pun diutarakan oleh Dewi Putri, pengunjung yang datang bersama keluarganya. Ia mengungkapkan bahwa dengan sedikitnya petugas kebersihan, dikhawatirkan akan menjadi ancaman tersendiri bagi kualitas taman Alun-Alun Bandung. “Tempat sampah sudah banyak, tapi masih ada aja pengunjung yang buang sampah sembarangan yang membuat lingkungan sekitar menjadi sedikit kumuh,” ujarnya.

Banyak pihak yang menyayangkan minimnya petugas kebersihan di sini, padahal Alun–Alun ini bisa menjadi salah satu potensi tempat wisata. Tindak tegas pemerintah dan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan juga sangat penting untuk menjaga kelestarian taman yang ada di kota Bandung. “Seharusnya ada sebuah aturan yang ditegakkan disini, agar para pengunjung tidak akan membuang sampah sembarangan meskipun telah disediakan tempat sampah di sekeliling taman ini,” ujar Pendi pengunjung asal Purwakarta.

(Fichri/JOB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *