Banyaknya Mahasiswa Baru yang Diterima, Mengganggu Kegiatan Akademik

Yan Bachtiar selaku Kepala Bagian Akademik Unisba saat diwawancarai di ruangannya, mengenai penambahan mahasiswa baru yang diterima membuat beberapa masalah,  Rabu (28/9). Ketika rasio antara dosen dan mahasiswa tidak sesuai, akan menurunkan mutu pengajaran. Namun Yan mengaku, jika rasio dosen dan mahasiswa di Unisba saat ini sudah sesuai.

Suaramahasiswa.info, Unisba – Penambahan jumlah mahasiswa baru pada tahun ini, membuat beberapa persoalan akademik, salah satunya yang dialami Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Nono Sugiono Kepala Bagian Akademik FEB menuturkan, mahasiswa baru yang diterima tahun ini mengalami kenaikan sebesar 20 persen; yang tahun kemarin menerima 525, menjadi 670 orang. Akibat kenaikan tersebut, kegiatan akademik terganggu.

Nono menjelaskan, di FEB satu dosen bisa mengajar pada sepuluh kelas, ini berakibat pada  banyaknya jadwal yang bentrok. Ia mengkhawatirkan, hal tersebut akan menurunkan mutu mengajar dosen. “Bahwa tugas dosen tidak hanya mengajar, mengabdi dan meneliti juga. Itu akan sulit jika porsi megajarnya sebanyak sekarang,” keluhnya pada Jumat (30/9).

Ia juga mengungkapkan, adanya rekrutmen dosen tidak membantu, karena rasio dosen dan mahasiswa masih kurang. “Perekrutan dosen dan penerimaan mahasiwa baru tersebut, seutuhnya hak universitas,” jelasnya.

Saat mengkonfirmasi hal ini, Yan Bachtiar sebagai Kepala Bagian Akademik Unisba memebenarkan. Ketika rasio antara dosen dan mahasiswa tidak sesuai, akan menurunkan mutu pengajaran. Namun Yan mengaku, jika rasio dosen dan mahasiswa di Unisba saat ini sudah sesuai.

Yan pun sempat menjelaskan, jika hal ini (rasio mahasiswa dan dosen) tidak sesuai, nanti akan terkena peringatan dari Dikti. “Peringatan tahap akhir mungkin bisa sampai dibekukan,” ungkapnya. Ia juga mengklaim, peningkatan jumlah mahaiswa baru tahun ini tidak menggangu kegiatan keakademikan.

Hal berbeda diungkapkan Hikmat Taufiq, sebagai Kepala Seksi Pengadaan dan Pengembangan ketenagaan Unisba. Menurutnya, jika jumlah mahasiwa baru yang diterima tahun ini lebih banyak, memang mengganggu rasio antara dosen dan mahasiswa. Ia menjabarkan, perekrutan dosen yang dilantik bulan ini tidak membantu rasio antara dosen dan mahasiswa. “Banyak dosen dari fakultas dirasah yang ditarik menjadi dosen di ekonomi agar rasio tetap sesuai,” jelasnya, Rabu (28/9). (Ressy/SM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *