Aktivitas Beberapa Ormawa Unisba Terpaksa Ditunda Akibat COVID-19

Ilustrasi penundaan kegiatan DAMU, DAM-F, BEMU, BEM-F dan HMJ Unisba akibat COVID-19.(Ifsani Ehsan/SM)

Suaramahasiswa.info, Unisba – Dampak lainnya dari Surat Keputusan (SK) Rektor mengenai penanggulangan Covid-19 pada (16/3) di Unisba ini dirasa oleh Organisasi Mahasiswa Unisba (Ormawa). larangan tatap muka secara langsung dan mengadakan berbagai kegiatan dan event membuat para ormawa ini mengalami kesulitan, terutama untuk pejadwalan ulang berbagai kegiatan keorganisasian. 

Seperti yang diutarakan Anggota Panitia Badan Penyelenggara Pemilu Raya (BPPU) Unisba, Aziz Rahman, ia merasa terkejut dengan SK Rektor tersebut. Aziz menambahkan bahwa Pemilihan Umum (Pemilu) Unisba akan tertunda sampai jangka waktu yang belum bisa dipastikan dan sistem pemilu dipastikan akan tetap memakai sistem yang lama.

Tak hanya jajaran organisasi tingkat universitas yang mengalami kesulitan. hal ini pun dirasa oleh salah satu lembaga eksekutif di tataran fakultas. Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Unisba, Pawestyagi Pamungkas menceritakan bahwa salah satu program kerja menjelang akhir periodenya ini pun ikut tertunda karena hal ini. 

“Seharusnya ada Fikomfest dilaksanakan tanggal 10 April mendatang, namun diundur. Untuk alternatif lain kita memangkas salah satu rangkaian acaranya,” ucapnya.

Adapun ormawa yang tidak terganggu jadwalnya, tetapi tetap melakukan adaptasi terhadap kebijakan ini. Ketua BEM Fakultas Teknik, Taufik Sirajuddin menjelaskan, bila BEM Teknik memiliki salah satu program kerja besarnya yakni Industrial Fest yang direncanakan akan belangsung pada bulan Juni 2020 dan tidak akan ada perubahan. 

“Kita tetap melakukan rapat via online atau di luar kampus,”  tuturnya.

Tak hanya program kerja event organisasi yang terhambat. agenda Musyawarah Besar (Mubes) untuk demisioner lembaga pun ditunda. seperti yang diuangkapkan oleh Ketua Himpunan Public Relations (HimaPR) Unisba, Rizky Aditya mengungkapkan awalnya HimaPR akan menggelar Mubes awal April, dan kemungkinan besar akan ditunda.

Reporter: Shafa Alifias

Penulis: Shafa Alifias

Editor: Puteri Redha Patria

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *