Membunuh Waktu di Bulan Ramadhan

Oleh : Faza Rahim Kesuma Puteri

Assalamualaikum!
Selamat datang Bulan Ramadhan, selamat datang bulan penuh ampunan. Tidak terasa sudah dua hari kita menjalankan ibadah saum. Ibadah yang tertulis sebagai rukun Islam yang keempat. Seperti biasanya, puasa selalu disambut dengan antusias oleh muslim di seluruh belahan dunia. Menjalankan saum, acap kali dijadikan sebagai ajang merefleksi diri. Sekedar merenung dan berpikir agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik.Tak jarang, Bulan Ramadhan membuat kita kehabisan banyak tenaga, juga energi karena harus berpuasa kurang lebih 12 jam. Berhubung siang hari kita tidak boleh makan, alhasil kita jadi sering kebablasan tidur.

Untuk membunuh waktu, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan oleh kita semua versi penulis. Check this out!
1. Siapkan Bacaan Keren
Membaca memang salah satu kegiatan yang menyenangkan. Daripada melamun gak jelas saat puasa, ada baiknya kita persiapkan buku bacaan supaya bulan penuh berkah ini menjadi lebih bermakna

2. Memasak
Nah loh, kan kalau masak bisa bikin kita kelaparan? Eits tunggu dulu. Memasak, apalagi masak makanan besar, membutuhkan waktu yang cukup lama. Alhasil, kita kan fokus mempersiapkan makanan buat berbuka. Sampai gak sadar kalau ternyata buka puasa udah tinggal lima menit lagi. Memasak juga bisa membantu kita untuk memperkuat keimanan hehe.

3. Main Games
Games sudah terbukti bikin kita lupa diri. Apalagi, kalau bentuk permainannya petualangan, atau merintis kehidupan. Sekalian, melatih otak kiri kita supaya kreatif. Lebih seru lagi, kalau kita ajakin warga sekitar rumah buat bikin turnamen games bola, atau pertandingan kaya mortal kombat. Seru loh!

4. Beribadah
Ini sih udah pasti. Ibadah di sini luas banget. Bisa bentuk ibadah kita sama Allah, atau sama diri sendiri. Salat lima waktu dan taraweh jangan sampai ketinggalan. Menuntut ilmu, berorganisasi juga jadi salah satu representasi bentuk ibadah kita pada Yang Maha Kuasa. Sayang banget, kalau puasa cuma dijadikan ajang tidur dari Subuh ke Subuh lagi (nahloh).

5. Pura-pura lupa
Kalau yang ini, dijamin konyol banget. Yaiyalah. Kita pura-pura lupa aja kalau sekarang lagi bulan puasa. Jadi bisa makan, minum, sesuka hati #eh. Rubah semua bulan di kalender rumah, handphone jadi bulan November. Yang ini sih jangan dilakuin ya temen-temen, biar kalian ketawa aja makannya saya masukin hehehe.

Semoga, puasanya lancar dan berkah ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *