Jangan Lewatkan Ini Saat Mudik

Foto: Net.

Suaramahasiswa.info, Cianjur – “Tin…tin..tin…” bunyi klakson yang terus saja saling membalas, ditambah kendaraan yang tumpah ruah di jalanan, sudah menjadi pemandangan biasa menjelang lebaran. Memasuki punghujung bulan Ramadan, sejumlah umat muslim tampaknya sibuk dengan kegiatannya sendiri. Ada yang sibuk mencari baju lebaran, membuat kue, atau pergi perawatan wajah agar terlihat kinclong, lalu yang manakah yang kamu lakukan? Nah, tapi ada juga kegiatan yang memang sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia. Yaps, mudik menjadi salah satu ciri khas lebaran di sini rupanya.
Ada baiknya kita mengetahui apa saja yang harus diperhatikan saat mudik, agar perjalanannya lancar. Kali ini, Briptu Alfi Nur Arifin selaku anggota Traffic Management Center (TMC) dan Bripda Moch Wira, Staf Humas Polres Kabupaten Cianjur, akan berbagi sedikit tips, yuk langsung aja ya.
1. Bawa barang-barang berharga, jangan sampai ditinggal di rumah. Gandakan kunci rumah juga, untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan.
2. Jangan lupa membawa surat-surat penting kendaraan, patuhi rambu lalu-lintas jangan asal kebut.
3. Kendaraan yang akan digunakan, alangkah baiknya diperiksa ke bengkel terlebih dahulu. Perhatikan kondisi lampu, ban, oli, rem dan sebagainya.
4. Jika mudik menggunakan motor, jangan membawa barang berlebih karena dapat mengurangi pergerakan, bisa-bisa nanti enggak nyaman. Lalu gunakan helm SNI.
5. Jika menggunakan mobil, jangan lupa pakai sabuk pengaman.
6. Istirahatlah apabila mengantuk, jangan terlalu memaksakan jika kurang sehat.
7. Untuk yang menggunakan mobil bak terbuka, dihimbau untuk tidak mengangkut orang karena keamanannya kurang dan tidak sesuai dengan fungsinya.
8. Saling menghargai di jalan untuk memimalisir terjadinya kecelakaan.
Selain dari polisi, ada juga tips dari dua mahasiswa Unisba, misalnya Ida Relawati yang menyarankan bagi anak kosan untuk menyiapkan keperluan yang akan dibawa saat mudik. “Cek alat elektonik yang mau ditinggal jangan sampai ada listrik yang belum mati, takutnya nanti konslet. Terus list juga barang mana yang akan dibawa dan enggak biar persiapannya matang,” ujar mahasiswa Fakultas Syariah 2014 Unisba itu.
Lain halnya dengan Ida, Rafii Abdul, mahasiswa Fakultas Kedokteran Unisba memberikan tips mudik sesuai waktu keberangkatan. Rafii mengatakan jika berniat mudik maghrib, usahakan jangan terlalu banyak makan karena bisa meningkatkan metabolisme dalam tubuh, yang menyebabkan kantuk. “Nah, kalau mudik pas malam atau lagi enggak puasa, perbanyaklah minum air putih agar meningkatkan fungsi otak dan bisa lebih konsentrasi,” jelasnya. (Intan S. Dewi/SM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *