Warek II : Biaya Kuliah Tidak Naik

Suasana perekapan uang Infak Kuliah Tetap (IKT) di Gedung Fakultas Kedokteran, Jalan Tamansari No. 22, Kota Bandung pada Senin (28/8/2017). Yayasan Universitas Islam Bandung (Unisba) mengedarkan Surat Keputusan (SK) tentang rincian biaya pendidikan terbaru.

Suaramahasiswa.info, Unisba – Yayasan Universitas Islam Bandung (Unisba) mengeluarkan Surat Keputusan (SK) tentang penetapan biaya pendidikan terbaru per tanggal 22 Agustus 2017. Dalam isinya biaya yang dibebankan kepada mahasiswa angkatan 2012 dan sebelumnya disamaratakan, dengan angkatan 2013. Namun, menurut Wakil Rektor II Efik Yusdiansyah, tidak ada kenaikan biaya.

“Mahasiswa ditargetkan lulus setidaknya empat tahun. Biaya kuliah selama empat tahun itu tidak ada kenaikan,” ucapnya saat ditemui di Gedung Rektorat, Jalan Tamansari No. 20, Kota Bandung pada Senin (28/8).

Efik menambahkan, jika mahasiswa tidak menyelesaikan pendidikan selama empat tahun, biaya kuliah setelahnya sama dengan mahasiswa angkatan di bawahnya. “Biasanya, per angkatan dibebankan biaya yang berbeda, tapi ada juga yang sama. Kebijakan kenaikan tergantung faktor-faktor tertentu.”

Menanggapi hal tersebut, Wakil Presiden Mahasiswa, Rivaldi Faisal menyesalkan waktu edaran SK setelah satu hari pembayaran Infak Kuliah Tetap (IKT) dimulai pada 21 Agustus. “Harusnya, surat edaran disebarkan jauh-jauh hari. Sebelumnya juga harus ada sosialisasi,” ungkap mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi 2014. (Febrian/SM)