Kucing-Kucingan Interview di Novel Resign

Foto: Goodreads.com

Judul : Resign

Penulis : Alrmira Bastari

Penerbit : Gramedia pustaka utama

Cetakan kelima : April 2018

Jumlah halaman : 288

“Kalau bos punya mau, anak buah harus maju!”—cungpret yang biasa maju perang.

Memang enak, sih, kerja di sebuah kantor konsultan yang lumayan besar di ibu kota, selain gaji yang sudah terjamin besar, juga pengalaman kerja juga yang bagus. Tapi, kalau punya bos muda yang super telik memanglah sangat membuat repot, selain semuanya harus serba sempurna, dia juga ingin semuanya rapih dalam waktu yang cukup singkat.

Novel ini bercerita tentang para cungpret alias kacung kampret yang beranggotakan Alranita, Carlo, Karenina, dan Andre. Dimana mereka merencanakan  “kompetisi sengit” pengunduran diri karyawan, karena lelah dengan sikap semena-mena Tigran—bosnya, yang arogan dan galak. Lalu siapakah pemenangnya?

“saya nggak pernah nyuruh kamu untuk lembur, kalau kamu sampai lembur. Justru saya harusnya nanya, dari tadi kamu ngapain aja?” –Tigran.

Para cungpet berlomba-lomba untuk mengirimkan surat Resign duluan, ada juga yang diam-diam interview kerja, tanpa sepengetahuan si Bos. Namun, Tigran seperti mempunyai indra ke-enam, yang bisa menebak apapun  yang sedang dilakukan anak buahnya.

Setelah membaca 288 halaman dari novel ini, sangat menghibur sekali. Lelucon yang sungguh relate dengan dunia perkantoran, juga saya tidak bisa berhenti tertawa karena tingkah dari para kacung kampret.

Tema dari novel ini cukup ringan yaitu metropop dimana penulis membawa pandangan dari Alranita, pemeran perempuan dari novel ini. Novel ini juga dibumbui dengan kisah romantis antara Alranita dan sang bos membuat saya penasaran bagaimana caranya mereka sembunyi-sembunyi menjalani hubungan tanpa diketahui oleh cungpet lain, karena sang bos masih saja menjadi topic terhangat bagi para cungpet.

Yang cukup disayangkan dari novel ini adalah, kedua tokoh yang sama-sama terlalu digambarkan sangat baik oleh penulis, sehingga merasa kurang nyata. Dua tokoh utama yang hebat, punya banyak uang dan lulusan luar negeri.

Belum lagi, sosok Tigran yang dibalik ke galakannya, sangat menyimpan banyak kesempurnaan. Sudah tampan, muda, kaya raya dan pintar… nikmat mana lagi yang kau dustakan? Padahal kalau di dunia nyata, hampir tidak ada manusia se sempurna Tigran.  

Novel ini berhasil mendapatkan rating 4.19/5.00 di goodreads.  Selain itu novel ini juga mendapatkan banyak pembaca di wattpad. Dan berhasil mendapatkan top 10, di beberapa gramedia kota besar. Novel ini cukup populer dan cetakan ke limanya, di produksi pada tahun 2018.

Menurut saya nilai yang diambil dari novel ini hampir tidak ada, karena novel ini fokus untuk menghibur dengan kenyataan-kenyaatan bahwa wanita karier hampir tidak punya waktu untuk main kesana kemari. Namun novel ini tetap bagus karena memiliki komedi yang easy going.

Penulis: Sri Utami

Editor: Raihan Rachmansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *