Botol Tumbler Unisba di Mata Mahasiswa

Botol tumbler Unisba. (Fahriza Wiratama, Shella Mellinia, & Eriza Reziana/SM)

Suaramahasiswa.info, Unisba – Tahun ajaran baru 2019-2020 Unisba kembali memberikan fasilitas berupa tumbler kepada mahasiswa baru. Pemberian botol tumbler ini mulai diterapkan sejak tahun ajaran 2018-2019. Anggaran untuk tumbler dan smart water diambil dari uang tagihan mahasiswa sebesar Rp.500.000.

Beberapa mahasiswa angkatan 2018 pun – sebagai pencicip botol tumbler Unisba yang pertama – memberikan pendapatnya. Mahasiswi Fakultas Hukum 2018, Ranti Amya Qalbia mengakui tumbler tersebut dirasa tidak efisien karena jarang sekali digunakan. Ia merasa tumbler Unisba cukup berat sehingga merepotkan untuk dibawa.

Botol tumbler tersebut dibandrol Rp.250.000, namun kualitasnya tidak sesuai. “Ya seharusnya kualitas ditingkatkan soalnya enggak sesuai sama yang kita bayar. Kalau nyari tumbler lain di luar sana, bisa saja nemu yang lebih bagus tapi lebih murah,” kata Helmy Adam, mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi.

Adapun mahasiswa yang memanfaatkan botol tumbler ini dalam kegiatannya. Mohammad Yusrirrizqi mengaku botol tumbler Unisba terbukti berguna karena sering kali ia manfaatkan untuk mewadahi air yang ia bawa. Namun ia merasa detail-detail kecil seperti desain dan kualitas botol perlu lebih diperbaiki lagi.

Bagi salah satu mahasiswa baru, tumbler ini disambut baik. Mahasiswi Fakultas Tarbiyah, Putri Fauziah Ahmad merasa adanya tumbler akan membantu mengurangi jumlah sampah. “Suka sama desainnya, aku jadi enggak mau pakai karena takut rusak. Selain itu jadi bisa bantu hemat, cuman perlu isi ulang saja enggak perlu beli,” ujar Putri.

Wakil Rektor III, Asep Ramdan Hidayat mengatakan botol tumbler akan sangat membantu baik dari sisi penekanan jumlah sampah air kemasan di kampus, maupun upaya mendorong hidup sehat bagi mahasiswa.

“Kita sediakan itu untuk mendukung program go green yang diusungkan Unisba. Dan kelihatankan jumlah sampah botol plastik di sini jadi tertekan,” ucap Asep ketika ditemui di ruangannya di Gedung Rektorat Unisba, Jalan Tamansari No.20 pada Senin (26/8).

Reporter: Eriza Reziana & Shella Mellinia

Penulis: Shella Mellinia

Editor: Ifsani Ehsan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *