Mahasiswa Keluhkan Jam Operasional Perpustakaan Unisba

Beberapa mahasiswa sedang berjalan masuk ke perpustakaan Unisba, Jl. Tamansari no. 1 Kota Bandung pada Rabu (7/12). Jam operasional perpustakaan yang terbatas menjadi keluhan dari  mahasiswa Unisba. Pasalnya perpustakaan hanya beroperasi selama 5 jam 30 menit pada hari Senin-Kamis, lima jam pada hari Jumat, dan empat jam pada hari Sabtu.( Loudra Andhika/Job)

Suaramahasiswa.info, Unisba – Perpustakaan Universitas Islam Bandung (Unisba) dinilai mahasiswa memiliki jam operasional yang minim. Pasalnya perpustakaan hanya beroperasi selama 5 jam 30 menit pada hari Senin-Kamis, lima jam pada hari Jumat, dan empat jam pada hari Sabtu. Hal ini dirasa kurang memuaskan oleh Zahra Melida Putri mahasiswa Fakultas Hukum (FH) 2013, saat ditemui di perpustakaan pada Rabu (7/12).

“Seperti kemarin, saya membutuhkan buku dan mau mengerjakan tugas di perpustakaan, saya selesai jadwal jam satu tapi jam dua belas sudah tutup. Itu yang membuat saya kurang puas dengan jam operasional perpustakaan di sini,” ujarnya.

Ahmad Firmansyah, mahasiswa Psikologi 2014 berharap, Unisba memiliki jam kuliah sampai jam enam. Ia menjelaskan perpustakaan  seharusnya menyesuaikan dengan jadwal kuliah mahasiswa. “Banyak mahasiswa juga yang memiliki keperluan di perpustakaan sampai sore. Idealnya buka pagi jam delapan dan tutup jam enam sore,” ujarnya.

Kepala UPT Perpustakaan Unisba, Arief D.J. Tresnawan menuturkan alasan minimnya jam operasional. Sebab menurutnya setelah perpustakaan tutup para pegawai harus menyusun kembali buku yang sudah tidak dibaca sesuai spesifikasinya. Menurutnya, penyebab lain dari minimnya jam operasional adalah jumlah pengunjung pada sore hari relatif sedikit. “Kendala juga ada di jumlah pegawai perpustakaan yaitu hanya dua belas orang. Sehingga jika ditambah jam operasionalnya ada konsekuensi lain karena kurangnya penjagaan disetiap lantai.” (Puteri Redha Patria dan Loudra Andhika/Job)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *