Perangai: Damai Dalam Jiwa, Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental

Ilustrasi Stres. (Ifsani Ehsan F/SM)

Suaramahasiswa.info – Kesehatan mental sangatlah penting bagi kita semua. Pernahkah kamu merasakan hal-hal seperti terlalu sedih atau depresi? Tidak sedikit dari mahasiswa yang terkena gangguan kesehatan mental. Dilansir dari jurnal FIK UI, mahasiswa mengalami gangguan kesehatan mental sejak awal kuliah dengan berbagai penyebab masalah seperti masalah akademik, kesendirian, dan sulit membangun hubungan.

Pada tanggal 24 oktober 2020, LPM Aksara Jurnalistik Telkom University menggelar acara penerbitan majalah “Podium” edisi ke-11 sekaligus dengan webinar dan talkshow nasional mengenai kesehatan mental “Perangai: Damai Dalam Jiwa.” dalam webinar ini membahas tentang banyaknya mahasiswa yang terkena gangguan kesehatan mental.

Ketua pelaksana, Nur Azizah Arini Putri menjelaskan bahwa alasan memilih tema kesehatan mental karena banyaknya mahasiswa yang bunuh diri. “Kami memilih tema ini Karena melihat dari kasus bunuh diri yang semakin meningkat, selain itu juga mahaiswa pun menjadi salah satu yang retan terkena gangguan kesehatan mental.” Ujar Nur Azizah.

Rangkaian acara juga menarik, apalagi ketika para pemateri membahas tentang kesehatan mental. Psikolog klinis untuk remaja dewasa klinis tanaya, Shanty Rahmawati menjadi salah satu pembicara webinar ini. Shanty menjelaskan bahwa mahasiswa yang paling rentan terkena kesehatan mental karena mahasiswa mempunyai tekanan dari banyak faktor, seperti akademik, hubungan sosial, dan lainnya.

Setelah itu, lanjut talkshow bersama Afina Syifa Biladina turut serta selaku bipolar dan BPD survivor. Afina membahas pengalamannya mengenai seseorang yang mengidap bipolar. Sampai akhirnya orang yang medidap bipolar tersebut memberanikan dirinnya untuk speak up dan konsultasi bersama psikolog.

Seperti salah satu penonton, Sri Ayu yang tertarik mengikuti webinar tersebut. Ia tertarik karena tema pembahasannya jarang dibahas dan berbeda dari webinar lainnya. “Saya tertarik karena menjelaskan tentang kesehatan mental yang memang akhir-akhir ini saya juga merasakan dan dengan webinar ini juga saya jadi lebih bisa mengenali diri saya sendiri,” ucapnya.

Materi dari webinar ini juga ringan dan mudah dipahami oleh para audiens, sehingga tidak sedikit yang antusias mendengarkannya. Jumlah seluruh dari audiens webinar ini mencapai 209 orang yang mayoritas diikuti oleh mahasiswa tapi ada juga siswa SMA.

Nur Azizah Arini Putri lanjur memaparkan jika webinar majalah podium 11 mengharapkan tujuan dari webinar ini bisa mengedukasi dan memberi informasi terkait kesehatan mental. “Sehingga diharapkan dengan adanya webinar ini meningkatkan kesadaran teman-teman sekalian.” Tutupnya.

Reporter: Elfiana Salfini

Penulis: Elfiana Salfini

Editor: Mochamad Raihan Rachmansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *