Bulan September, Beberapa Fakultas akan Dialokasikan

Petugas keamanan menunggu pekerja proyek pembangunan gedung baru Unisba mengakhiri pekerjaannya di Jalan Tamansari No. 24, Kota Bandung pada Kamis (4/4/2019). (Shella Mellinia/SM)

Suaramahasiswa.info, Unisba – Unisba berencana mengalokasikan Fakultas Syari’ah, Tarbiyah, dan FEB ke gedung Tamansari 24 pada September mendatang. Menurut Kepala Sarana dan Prasarana Yayasan, Koko Heriyadi, pengalokasian didasari kontrak gedung Ranggamalela yang habis di akhir tahun 2019.

“Kita sudah berusaha agar diperpanjang, tetapi pemilik gedung tidak mau memperpanjang. Makanya kita fokus untuk menyelamatkan yang di gedung Ranggamalela terlebih dahulu,” tutur Koko. Sedangkan, pengalokasian fakultas lainnya, Koko rencanakan kira-kira dua bulan setelahnya.

Reporter Suara Mahasiswa mendapatkan rincian alokasi ruangan fakultas dan labolatorium beserta luas ruangannya dari Sarana dan Prasarana Yayasan Unisba berikut ini.

  1. Fakultas Syari’ah

Ruang Dekanat Syari’ah seluas 190 meter persegi akan beralih ke gedung Tamansari 24 lantai 1 (422 meter persegi). Sedangkan Labolatorium Komputer Syari’ah (55 meter persegi) dan Labolatorium Bank Mini (41 meter persegi) pindah ke gedung Tamansari 1 dengan luas yang sama.

  1. Fakultas Tarbiyah

Di bulan yang sama dengan Fakultas Syari’ah, Dekanat Tarbiyah yang asalnya di gedung Ranggagading (182 meter persegi) akan pindah ke Tamansari 24 (324 meter persegi). Kemudian Laboratorium Microteaching di gedung Ranggagading seluas 52 meter pindah ke gedung Tamansari 01 (52 meter persegi), berikut Laboratorium PAUD juga pindah seluas 47 meter persegi, ke gedung Tamansari 01 (47 meter persegi)

  1. Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)

September juga, ruang Dekanat FEB (500,6 meter persegi) akan pindah ke gedung Tamansari 24 lantai 3 (624 meter persegi).

  1. Fakultas Teknik

Ruang Dekanat Fakultas Teknik akan pindah dari gedung Tamansari 1 (816 meter persegi) ke Tamansari 24 (629 meter persegi). Sedangkan Laboratorium LSIK di gedung Ranggamalela (86 meter persegi) akan pindah ke gedung Tamansari 1 (84 meter).

  1. Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom)

Ruang Dekanat Fikom (475,93 meter persegi) akan pindah ke Tamansari 24 (587 meter persegi). Sedangkan Laboratorium Simulasi (69 meter persegi), Radio (69 meter persegi), Grafis (73 meter persegi) dan Film (95 meter persegi) pindah ke Tamansari 1 dengan luas yang tidak berubah.

  1. Fakultas Hukum

Dekanat Fakultas Hukum yang berada di gedung Ranggagading (304,5 meter persegi) akan beralih ke gedung Tamansari 24 (470 meter persegi). Laboratorium Komputer Hukum (52 meter persegi) dan Laboratorium Hukum (54 meter persegi) di gedung Ranggagading pindah ke gedung Tamansari 1 tanpa perubahan luas ruangan.

  1. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA)

Dekanat MIPA dan laboratoriumnya akan pindah ke gedung Ranggagading setelah gedung tersebut direnovasi. Mulanya hanya prodi Farmasi (255,5 meter persegi), tetapi prodi Statistika dan Matematika (479,5 meter persegi) akan pindah ke Ranggagading. Untuk Laboratorium Statistika (99 meter persegi), Laboratorium Matematika (60 meter persegi), Laboratorium Hewan (66 meter persegi), Laboratorium Farmaseutika (80 meter persegi) akan dipindahkan ke gedung Ranggagading dengan luas yang sama. Sedangkan ruang Laboratorium Terpadu I-IV di gedung Tamansari 1 (398,58 meter persegi) akan dipindahkan ke gedung Ranggagading.

  1. Fakultas Dakwah

Dekanat Fakultas Dakwah tetap di gedung Ranggagading. Hanya saja, Laboratorium Komputer (63 meter persegi) di gedung Ranggamalela akan pindah ke gedung Tamansari 1 dengan luas tetap. Sedangkan Laboratorium Film di Ranggagading (63 meter persegi) akan pindah ke gedung Tamansari 1 dengan luas tetap.

  1. Fakultas Psikologi

Fakultas Psikologi tetap menempati Tamansari 1, tetapi mengalami perluasan dari 395 meter persegi menjadi 650 meter persegi. Laboratorium Psikologi di Ranggamalela seluas 313,4 meter persegi akan dipindahkan ke Tamansari 1.

***

Hal ini kemudian membuat mahasiswa berpendapat. April, mahasiswa Fakultas Syari’ah 2018 mengatakan harusnya perkuliahan juga pindah ke Tamansari 24. “Ternyata bukan [tidak dengan perkuliahan], jadi ya sama aja bohong yang dibilang itu kan.”

Sejalan dengan April, mahasiswa FEB Alfi Lailatul Fitria Harusnya di gedung baru tidak hanya ruang dekanat saja tapi juga ditambahkan ruang kelas. “Soalnya mahasiswa tuh masih banyak yang bentrok, sebaiknya enggak cuman dekanat doang,” ungkap mahasiswa 2016 itu.

Muhammad Hiqal Fahrurrozi beranggapan lain. Menurut mahasiswa Fakultas Syariah itu, setuju jika kepindahan dekanat ke gedung baru dapat membuat pihak dekanat lebih baik dalam memberi hak mahasiswa dan masyarakat.

Reporter: Vertically Yuri/SM

Penulis: Vertically Yuri/SM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *