Suara Mahasiswa

Nakal, Tajam, Menggelitik

Alternatif Artikel

Ragam Peluang Bisnis untuk Kamu Para K-Popers

Ilustrasi seorang wanita yang memamerkan uang. (Ifsani Ehsan Fachrezi/SM)

Suaramahasiswa.info – Perkembangan teknologi yang pesat di era generasi Z ini memudahkan kita untuk melakukan berbagai hal. Dengan berselancar di dunia maya, sobat kampus bisa ‘pergi’ ke berbagai belahan dunia hanya dengan satu kali ketukan saja. Selain itu, semua hal juga dapat di akses dengan mudah tanpa harus bersusah payah terlebih dahulu. Hal ini pula yang menjadi faktor terbesar mengapa budaya asing begitu mudah masuk ke Indonesia.

Hmm, memang tidak dapat dipungkiri, masuknya budaya asing ke Indonesia bisa menimbulkan hal yang negatif. Namun, jika kita liat dari sisi positifnya, banyak peluang yang bisa di manfaatkan dari masuknya budaya asing ini. Salah satu budaya asing yang banyak mempengaruhi budaya Indonesia adalah budaya Korea Selatan. Berbicara mengenai negeri ginseng ini, agaknya sobat kampus sudah hapal dengan segala ciri khas dari Korea Selatan. Dimulai dengan drama Korea, Korean Pop atau bahkan makanan khas Korea yang selalu menjadi bulan-bulanan mahasiswa di setiap kali kemunculannya.

Tentunya, kemunculan berbagai trend ini menimbulkan ketertarikan bagi para penggemar untuk memperjualbelikan barang-barang yang berasal dari Korea. Ditambah lagi, kebanyakan penggemar Korea itu royal dan rela merogoh kocek dalam untuk membeli barang yang berhubungan dengan idolanya. Dengan demikian, hal ini bisa menimbulkan peluang bisnis baru untuk kamu para penggemar Korea, karena target pasar yang sedang membludak dan begitu mudah dijangkau.

Nah, berbicara soal peluang bisnis yang bisa dibuat, Suara Mahasiswa punya rekomendasi bisnis yang bisa kamu lakukan ditengah trend Korean Wave ini. Salah satunya adalah Bisnis makanan. Kita bisa menjual makanan khas korea, seperti corndog, jjangmyeon, tteokbokki, kimchi, dan lain sebagainya. Apalagi bahan-bahan untuk membuat makanan tersebut mudah ditemukan di online shop ataupun di supermarket. Bisnis ini sangat cocok dilakukan karena banyak orang Indonesia penasaran akan citra rasa dari makanan yang sering ditampilkan di dalam drama korea tersebut. Berani coba?

Selain itu, kita juga bisa menjadi distributor resmi album dan tiket konser, bisnis ini sangat cocok untuk kamu yang sering berpergian ke luar negeri. Jangan salah, lho, bisnis menjadi agen tiket konser untungnya sangat besar. Kita cukup memesankan tiket konser yang diminati orang lain, dan orang itu akan membayar fee yang cukup besar kepada kita. Selain itu, bisnis merchandise K-Pop, seperti kaos, hard case, photo card, notebook juga dapat dicoba karena pasti banyak peminatnya.

Hal lain yang bisa kita lakukan adalah melakukan open pre-order (PO) untuk barang-barang serta pernak-pernik yang berasal dari Korea. Mungkin awalnya bisnis ini sulit dilakukan, karena kita harus mengunjungi ke situs web berbahasa Korea, tetapi lama kelamaan akan terbiasa dan terasa mudah. Nah, untuk memulai bisnis ini, Suara Mahasiswa punya tips buat kamu, jangan lupa untuk melakukan negosiasi harga untuk setiap barang yang akan dipesan, karena apabila kita membeli barang dalam jumlah banyak maka akan berkesempatan besar pula untuk mendapatkan pemotongan harga dan keuntungan yang besar.

Kehadiran budaya Korea di Indonesia tentu saja tidak selamanya memberikan dampak negatif. Masih banyak dampak positif yang bisa kita ambil hingga bermanfaat bagi kehidupan, salah satunya di aspek perekonomian. So, kita harus pandai membaca peluang dan berusaha sekreatif mungkin agar segala sesuatu yang kita sukai dapat memberikan manfaat bukan hiburan saja. Fighting!!

Penulis: Maya Nurfauzia/Job

Editor: Tazkiya Fadhiilah Khoirunnisa

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *