Ujian Susulan, Fakultas Syariah Terapkan Pembayaran

Suasana Fakultas Syariah yang menjadi salah-satu fakultas yang mengadakan pembayaran bagi mahasiswa yang mengikuti ujian susulan, bertempat di Ruangan Fakultas Syari’ah Ranggagading Unisba, Rabu (11/5). Mengikuti ujian susulan harus membayar uang sebesar Rp 10.000. Itu semata untuk membuat mahasiswanya jera.

Suaramahasiswa.info, Unisba- Kebijakan setiap fakultas terkait ujian susulan bagi mahasiswanya berbeda-beda. Salah-satunya di Fakultas Syari’ah, yang memiliki syarat bagi mahasiswanya yang mengikuti ujian susulan dengan membayar uang sebesar  Rp 10.000. Pihak fakultas tersebut pun menjelaskan perihal ini.

Dadang Kurniawan selaku Kasie Akademik Fakultas Syariah menjelaskan mengenai ini. Menurutnya, fakultas sudah menerapkan sistem ujian di Fakultas Syari’ah dengan sangat mudah. Seperti  ujian susulan yang pada setiap semesternya pasti ada yang mengikuti .

“Akan tetapi, ada saja mahasiswa yang mengabaikan sistem peraturan di fakultasnya sendiri, melihat dari ketertiban mahasiswa. Maka dari itu, fakultas mengambil kebijakan dengan adanya pembayaran bagi mahasiswa,’’ ungkap Dadang saat ditemui diruangannya, Rabu (11/5).

Ia pun memaparkan bagi mahasiswa yang mengikuti ujian susulan harus membayar uang sebesar Rp 10.000. Itu semata untuk membuat mahasiswanya jera. Selain itu uang tersebut pun sangat bermanfaat, ketika mahasiswa Fakultas Syari’ah mengadakan acara-acara yang berkaitan.

Anis Septa Rengganis mahasiswa Fakultas Syariah 2014 mengungkapkan, tentang peraturan pembayaran uang ujian susulan tersebut. “Ya, kalau saya pribadi sih memang sempat mempertanyakan kemana uang pembayaran tersebut. Akan tetapi setelah saya pikir kembali, itu memang konsekuensi bagi mahasiswa yang tidak mengikuti peraturan fakultas yang telah dibuat,’’ pungkasnya. (Devi Misilu/SM)

 

Share Button