Tarbiyah dan FEB sediakan Dana Talang

Mahasiswa Unisba sedang mengantri untuk melakukan transaksi pembayaran yang bertempat di Gedung Fakultas Kedokteran lantai satu, Selasa (01/11/2016). Selain diperpanjang, dana talang pun disediakan fakultas tertentu untuk mahasiswa yang mengalami kendala pembayaran.

Suaramahasiswa.info, Unisba – Pembayaran U.SKS, UPU, U.Praktek, dan U.Cuti, diperpanjang hingga hari Jumat (4/11) lalu. Terkait hal itu, beberapa fakultas pun menyediakan dana talang sebagai bala bantuan bagi mahasiswa yang belum bisa melakukan pembayaran karena alasan tertentu. Hal ini diakui oleh Kasi Administrasi Fakultas Tarbiyah Unisba, Lilis pada Kamis (4/11) di ruangaanya. “Iya ada, prosesnya mahasiswa tinggal datang ke saya, lalu mengisi data perjanjian terkait waktu pembayarannya.” Ujarnya.

Menurutnya, dana talang akan diberikan kepada mahasiswa setelah melihat kendala yang dihadapi mahasiswa itu sendiri. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir mahasiswa yang memanfaatkan dana talang untuk alasan lain. “Ini juga enggak semuanya, dilihat dulu dari ketidakmampuannya kenapa. Lalu diserahkan ke Wadek II untuk transaksi pembayarannya,” lanjutnya.

Namun, dana talang ini belum menjadi sistem tertentu di universitas karena belum adanya pembahasan secara mendalam terkait sistem tersebut. “Sejauh ini sih belum, namun memang ada rapat pimpinan yang mungkin membicarakan hal tersebut,” ujar Henny Noor’aeni selaku Kepala Bagian Keuangan Unisba.

Senada dengan Fakultas Tarbiyah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) pun melakukan program tersebut. Dana talang yang disebut Sumbangan Dana Mahasiswa (SDM) ini dilakukan dengan beberapa prosedur tertentu. Menurut Dedeh Cicih selaku Kasi Bagian Keuangan FEB, dana SDM ini berasal dari anggaran dana FEB itu sendiri. “Sejauh ini pure dari dana fakultas, kalau dari universitas sendiri tidak ada. Namun memang ada Baitul Maal.”ujarnya. (Salma/SM)

Share Button