Ngabuburit Asik Penuh Pahala

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan ketika bulan puasa untuk menunggu beduk magrib. Kegiatan yang dilakukan meliputi mencari rezeki dengan berjualan, atau melakukan aktivitas positif seperti mengaji dan lainnya. Seperti yang dilakukan oleh sejumlah masyarakat sekitar Masjid Salman Institut Teknologi Bandung, Rabu (22/6). (Fadhis/SM)

Berkumandangnya adzan magrib di bulan Ramadan tentunya sangat ditunggu-tunggu. Setelah seharian menahan diri dari godaan warung nasi dekat kampus maupun kelakuan orang-orang yang terkadang membuat naik darah, tentunya kesabaran kita sangatlah diuji. Rasanya waktu berbuka terasa sangat lama dan waktu seakan berhenti ketika berpuasa. Lebih baik, selagi menunggu adzan magrib berkumandang kita menambah pahala berpuasa dengan berbagai ibadah agar bulan Ramadan ini tidak terasa sia-sia. Berikut beberapa kegiatan yang bisa dilakukan sembari menunggu bedug berbuka puasa terdengar:
1. Mengaji. Coba tantang diri sendiri untuk menamatkan 30 juz Al-Quran di bulan yang penuh berkah ini. Mengaji bisa dilakukan secara sendiri atau bertadarus di rumah maupun di mesjid.
2. Mempersiapkan berbuka puasa. Menyediakan makanan untuk orang yang berpuasa menjadi pahala tambahan di bulan penuh berkah seperti sekarang. Terlebih untuk mereka yang tidak berpuasa, namun ikut menyiapkan makanan akan mendapat pahala juga.
3. Menambah Ilmu. Menambah ilmu banyak artinya, bisa dilakukan dengan membaca buku pelajaran, menulis, bahkan menjadi guru bagi anak-anak.
4. Mengikuti pengajian. Penyegaran rohani seperti mengikuti pengajian di mesjid-mesjid sembari menunggu bedug magrib bisa dilakukan.

Beberapa hal positif diatas dapat dilakukan sambil menunggu waktu berbuka puasa. Semoga dapat membuat pahala di bulan Ramadan terus bertambah dan puasa tahun ini bisa tuntas tanpa ada yang bolong satupun. (Muthia/SM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *