Pendaftaran Beasiswa Telah Dibuka, Intip Cara Pendaftarannya

Foto: Dokumentasi Pribadi

Suaramahasiswa.info, Unisba – Setiap Perguruan Tinggi di Indonesia  menyediakan program beasiswa terhadap mahasiswanya. Tak terkecuali Universitas Islam Bandung (Unisba) yang juga menawarkan berbagai jenis beasiswa.  Beasiswa dapat diterima mahasiswa baik yang kesulitan dari segi ekonomi sampai kepada mahasiswa berprestasi.  Wakil Rektor III Asep Ramdhan Hidayat menuturkan, Unisba sendiri memiliki tiga kriteria penerima beasiswa; mahasiswa berprestasi, mahasiswa yang tidak mampu dalam segi ekonomi, dan hafidz qur’an.

Asep menambahkan, berdasarkan SK Rektor  pendaftaran untuk mengajukan beasiswa dibuka per tanggal 13 Maret 2017. Melalui buku pedoman akademik Unisba, tercantum beragam kategori beasiswa dan persyaratan mengajukan beasiswa.

  1. Beasiswa Mahasiswa Berprestasi

Asep  menjelaskan, beasiswa yang bersumber dari PT.Djarum lebih berfokus kepada prestasi mahasiswa.  Dalam mengajukan beasiswa, seorang mahasiswa harus berada di semester tiga dan berusia maksimal 21 tahun.  Mahasiswa melampirkan sertifikat, piagam, dan surat keterangan lainnya sebagai tanda keaktifan dalam kegiatan mahasiswa.

  1. Beasiswa Mahasiswa yang Tidak Mampu

Yayasan atau lembaga pemerintahan seringkali berlomba dalam memberikan bantuan berupa beasiswa kepada pelajar yang tidak mampu dalam segi ekonomi. Beberapa yang berperan di Unisba berasal dari Yayasan Baatul Maal dan PT.Sanbe. Persyaratan umum yang perlu dipenuhi oleh pendaftar; mahasiswa sekurang-kurangnya menempuh semester IV dan maksimal semester VIII, dan menyertakan surat keterangan tidak mampu dari pejabat wilayah setempat.

  1. Beasiswa Hafiz Qur’an

Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang mampu menghafal 30 Juz Al- Qur’an. Beasiswa ini hanya diberlakukan untuk Fakultas Syariah, Dakwah, Tarbiyah, dan Ilmu Ekonomi. Persyaratan umum yang perlu dipenuhi oleh pendaftar ialah; melampirkan sertifikat Hafiz, mengikuti tes hafiz yang diselenggarakan Unisba, dan bersedia membantu memakmurkan Masjid Al-Asyari. Pendaftaran beasiswa ini dimulai pada masa Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB).

Salah satu penerima jalur beasiswa Hafiz Qur’an Shinda Istian Ruhama,  merasakan dampak positif dari bantuan yang ia dapatkan. Selain dana pendidikan yang terbantu, mahasiswi fakultas Dakwah 2015 ini pun mampu mewakili Unisba di lomba MTQ yang diadakan oleh Universitas Negeri Solo.

Prosedur mengajukan beasiswa dikategorikan berdasarkan sumber beasiswa yang dimiliki Unisba. Diantaranya; Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM), Bantuan Peningkatan Prestasi Akademik (BPPA) dari Dikti/Kopertis wilayah IV Jawa Barat, Yayasan Baitul Maal Unisba, PT Djarum, PT Sanbe, Bantuan Walikota (BAWAKU), dan HU.

“Selain tiga kategori penerima beasiswa di atas, Unisba sempat mendapat tawaran program beasiswa baru dari sebuah perusahaan yang belum bisa disebutkan namanya. Semoga segera rampung,” tutup Asep. (Agistha/SM).

Share Button