Dari Redaksi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Baginya tidak ada yang lebih mengerikan daripada manusia yang tak berjiwa. Baginya tidak ada yang lebih mengerikan daripada mahasiswa yang acuh tak acuh.

Dalam sejarahnya mahasiswa selalu dielu-elukan sebagai penggerak, puncaknya saat lengsernya Soeharto. Hal tersebut seolah menjadi standar pergerakan mahasiswa. Sekarang ‘maha’ dari siswa ini dinilai mandul pergerakan.

Berbicara mengenai pergerakan seolah tak bisa lepas dari sentuhan para aktivis kampus. Dalam aksinya, mereka selalu identik dengan turun ke jalan; meneriakan kebebasan serta menyuarakan kritikan pada siapa pun yang dianggap keluar dari sebuah keidealan. Tak jarang karena memprioritaskan tanggung jawab sosial, akademik pun dikorbakan sebab ingin berkontribusi langsung tanpa harus menunggu lulus kuliah.

Berbeda dengan para aktivis, mahasiswa yang tak peduli dengan kebijakan birokrasi, keadaan kampus dan sosial hingga tak berorganisasi dianggapnya sebagai mahasiswa apatis. Nyatanya tak selalu begitu. Tak sedikit mahasiswa yang langsung angkat kaki seusai perkuliahan, mereka berwirausaha, berkerja, atau bahkan melakukan riset untuk penelitian.

Setidaknya dengan berwirausaha, seseorang telah membuka lapangan pekerjaan dan menekan angka pengangguran serta membantu pertumbuhan ekonomi nasional. Di tahun 2019 mendatang, Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat saja menginginkan masyarakat Jabar dapat mandiri dalam berekonomi. Ketika kemandirian dan pertumbuhan ekonomi nasional tinggi, maka guncangan perekonomian tak akan terjadi.

Lalu bagaimana dengan mahasiswa yang fokus dengan ilmu pendidikannya? Nyatanya mereka berusaha agar karya ilmiahnya bisa tembus ke kancah internasional. Berusaha mengharumkan nama perguruan tingginya dengan cara yang berbeda. Lantas apakah mereka apatis?

Lantas siapa mahasiswa apatis itu? Untuk meredakan rasa dahaga tersebut, kami suguhkan majalah ‘Bayangan Apatis yang Dinamis`. Selamat membaca.

Tabik!

 

 

Wulan Yulianti

Pemimpin Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *