Mahasiswa Peringati May Day dengan ‘Membangunkan Marsinah’

Seorang Mahasiswi tengah melihat pameran seni yang ditampilkan pada acara ‘Membangunkan Marsinah’ di Aquarium Unisba pada, Senin (9/5).

Suaramahasiswa.info, Unisba – Studi Teater Unisba (Stuba) berkolaborasi dengan Keluarga Mahasiswa Jurnalistik (KMJ) menyuguhkan sebuah rangkaian acara yang bertajuk ‘Membangunkan Marsinah’ pada, Senin (9/5) di gedung Aquarium Unisba. Pameran yang akan berlangsung selama satu pekan dibuat untuk memperingati hari May Day. Hal ini terinspirasi dari seorang aktivis buruh bernama Marsinah yang memperjuangkan kesejahteraan buruh pada masa orde baru.

Yogi Rizal pun menuturkan kekagumannya terhadap semangat Marsinah dalam memperjuagkan keadilan kaumnya dan bentuk solidaritasnya yang tinggi. ”Kami juga ingin menampilkan lagi persembahan untuk Marsinah yang sudah lama tidak pernah diangkat kembali. Biar mahasiswa bisa banyak belajar dari beliau juga,” tutur mahasiswa Fakultas Tarbiyah tersebut.

Yogi selaku pimpinan produksi menambahkan, selain dari Stuba dan KMJ, rangkaian acara ini akan dimeriahkan juga oleh organisasi eksternal kampus seperti Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bandung dan Kontras. Kontras sendiri merupakan organisasi yang mewadahi kasus-kasus orang hilang di Indonesia. Ia pun berharap mahasiswa Unisba sendiri bisa lebih mengapresiasi kegiatan yang dilakukan di dalam kampus.

Arief Ramadhan selaku ketua KMJ mengaku sangat mendukung acara ini. Karena bagi mahasiswa jurnalistik, kegiatan ini bisa mengangkat kembali isu-isu yang terpendam dan juga mengingatkan masyarakat bahwa kasus ini belum sepenuhnya tuntas. “Di pameran nanti, KMJ juga akan menampilkan sebuah puisi khusus untuk Marsinah,” jelasnya. (Agistha/SM)

Share Button