Pembangunan Tamansari 24 Memasuki Peninjauan TABG

Dua orang pekerja tengah mengaduk bahan bangunan yang akan digunakan untuk membangun gedung baru di Jl. Tamansari No. 24, Bandung pada Selasa lalu (07/12/16). Pembangunan gedung ini diperkirakan rampung pada tahun 2018. Namun, pembangunan tersebut mendapat kendala tentang Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang belum turun. (Febrian/Job)

Suaramahasiswa.info, Unisba – Perihal pembangunan gedung baru Unisba di Jalan Tamansari No. 24 yang tertunda di Izin Mendirikan Bangunan (IMB), sudah sampai di tahap peninjauan oleh Tim Ahli Bangunan Gedung (TABG). Peninjauan ini berguna untuk mengecek kesiapan pembangunan gedung dari sisi konstruksi dan persyaratan pembangunan.

Kabag. Sarana dan Prasarana Koko Heriyadi menjelaskan, Unisba dijadwalkan mengikuti tes oleh TABG pada Minggu (8/1). Ia menambahkan, peninjauan langsung ke lapangan oleh TABG telah dilakukan. “Bila kita dinyatakan lulus tes oleh TABG, IMB bisa turun dan pelaksanaan pembanguna bisa langsung dikerjakan,” jelasnya.

Koko menjelaskan, pengerjaan pembangunan seharusnya sudah dimulai. Namun, adanya kendala di dokumen yang terhambat membuat pengerjaannya ditunda. Ia menegaskan, begitu izin pembangunan keluar, proyek langsung dikerjakan.

“Terlambat satu atau dua bulan masih toleransi lah. Kita kan berusaha, mungkin ada masalah di prosesnya, kita tidak tahu. Kita tidak bisa menentukan kapan dimulai dan selesai, yang jelas kita berusaha” tuturnya.

Dilansir dari kompas[dot]com, TABG merupakan sebuah tim independen yang ditunjuk oleh pemerintah daerah untuk menilai pembangunan sebuah gedung. Tim ini memberikan pertimbangan teknis kepada pemerintah untuk pengesahan dokumen pembangunan sebuah gedung. Keanggotaan tim ini terdiri dari akademisi, asosiasi profesi, masyarakat ahli juga pemerintah. (Vigor M. Loematta/SM)